Siapkan Mental!! Test SKD CPNS Gelombang II Tips Agar Tidak Gagal

Tes SKD dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) harus diselesai pada bulan ini. "Kalau sesuai jadwal tahapannya, SKD harus tuntas di Oktober 2017," ucapnya. "Ya SKD gelombang ke-II akan dilaksanakan Oktober ini. Soal waktunya tidak sama, masing-masing K/L akan menyelenggarakan sendiri. Kami pun masih menunggu jadwal dari mereka," kata Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Sebanyak 30 Kementerian dan Lembaga telah mengumumkan hasil seleksi administrasi

Silahkan cek nama yang lulus disini Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 gelombang ke-II. Setelah itu, para peserta yang lulus berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang rencananya digelar pada bulan ini dengan jadwal pelaksanaan masing-masing dari Kementerian/Lembaga (K/L).

Sebagai contoh dalam keterangan resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), instansi di bawah kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati ini akan melaksanakan pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) dan SKD bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada 9-20 Oktober 2017. Namun dikonfirmasi kepada Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Diah Eka Palupi mengaku, tengah membahas pelaksanaan jadwal SKD CAT pada 30 Kementerian/Lembaga.
"Masih dibahas. Nanti akan diberitahu jika sudah pasti waktunya," kata Diah.

Berdasarkan laman menpan.go.id, Senin (2/1017), kementerian yang sudah mengumumkan, di antaranya Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam, Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Silahkan Cek Disini.

"Peserta yang lulus diimbau secara rutin mengakses situs resmi untuk mengetahui pengumuman mengenai waktu dan tempat pelaksanaan SKD," ujar Suwardi. Dikutip dari website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) yakni menpan.go.id, berikut  ini juga sampaikan pada artikel ini kisi-kisi dari tiap tes yang diujikan. Tes Wawasan Kebangsaan dilakukan untuk menilai pengetahuan dan pengimplementasian nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Keempat pilar tersebut meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945), Bhineka tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) cek standart. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini. 

Pada bagian materi terkait NKRI, kamu akan diuji seputar sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia di kawasan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Sementara itu, Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan mengetahui kemampuan CPNS dalam menyampaikan informasi baik lisan maupun tertulis. Tes ini juga dilakukan untuk menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan CPNS untuk melakukan perhitungan angka dan melihat hubungan antar angka tersebut. Meningat hal tersebut, kamu harus mempersiapkan logika yang baik dan perhitungan yang cepat dan tepat. Materi ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai pribadi seseorang. Yang dimaksud dengan kepribadian di sini mencakup integritas diri, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, serta kemampuan untuk bekerja sampai tuntas.

Setelah melakukan SKD, CPNS harus melakukan tes kedua yakni tes seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tidak semua CPNS yang lolos passing grade dapat mengikuti tes ini. Jumlah peserta TKB paling banyak tiga kali lipat dari jumlah kebutuhan masing-masing jabatan berdasarkan nilai hasil seleksi TKD.
loading...

Artikel Terkait

Celaan Bagi Manusia Gemuk Karena Banyak Makan

Ada beberapa dalil yang menunjukkan celaan bagi manusia gemuk karena banyak makan dipahami jika gemuk ini terjadi karena kelalaian, terlalu...

MY ARTIKEL