Cara Yang Benar Merebus Mie Instan Agar Terhindar Dari Kanker

Siapa yang tak kenal dengan yang namanya Mie Instans, sudah bisa dipastikan hampir seluruh warga Indonesia pernah mengkonsumsinya bahkan seluruh duniapun suka mengkonsumsinya, bukan hanya orang kita saja yang suka, bahkan juga turis asing dari beberapa negara besar sangat menyukai mie instant ini, terlebih mie produksi negera kita Indonesia ini.


Walaupun mie instan adalah makanan sejuta umat, namun mengonsumsi mie instan secara terus menerus sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi apalagi dalam rentang waktu yang bergitu dekat. Misalnya dalam 1 minggu yang di konsumsi adalah mie setiap waktu. Tentu hal itu dapat mengganggu keseimbangan tubuh dalam pola makanan yang sehat terlebih fakta bahwa mie instan mengandung natrium dan MSG yang banyak sehingga menjadikan orang banyak khwatir untuk mengkonsumsi mie instan. Pada kali ini saya akan menyampaikan Cara Yang Benar Merebus Mie Instan Yang Benar Dan Aman Agar Terhindar Dari Kanker, berikut penjelasannya  : 

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa
Sebelum membeli mie instan di warung atau supermarket pastikan anda melihat dulu tanggal kadarluwarsanya. Biasanya, kebanyakan mie instan memiliki batas expired hingga enam bulan lamanya. Untuk itu penting sekali memperhatikan hal yang satu ini. Jangan sampai mie yang anda konsumsi masa expirednya sudah dekat atau bahkan tinggal satu hari lagi. Bahaya lho! Biasanya yang cepat kadaluwarsa adalah bumbu yang terdapat dalam mie instan tersebut. Untuk itu, anda harus lebih teliti sebelum membeli.

Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuk 
Kalau anda suka menyantap mie instan dengan hanya meremas dan mencampur bumbu tanpa dimasak terlebih dahulu lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena cara tersebut sangat tidak sehat dan tidak dianjurkan, karena salah satunya akan menyebabkan gangguan pada pencernaan anda. Karena itu, pastikan kamu sudah memasak sampai matang mie instan sesuai dengan cara penyajian yang tertera. Mulai dari jumlah air yang disarankan, sesuaikan waktu memasaknya dengan yang dicantumkan agar tekstur mie instannya pas dan sempurna kematangannya, tidak mentah dan tidak terlalu matang.

Buang Air Rebusan Pertama Mie Instan 
Saat merebus mie, buang air yang pertama kali anda gunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan sepertti warna mie. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh. Mungkin juga ini akan berpengaruh sedikit pada cita rasa mie, tapi untuk tubuh yang sehat tidak apa-apakan? 

Jangan Memcampurkan Bumbu Kedalam Mie Yang Sedang Di Masak 
Saat sedang memasak mie, jangan pernah campurkan bumbu dan mie ke dalam air rebusan. Bumbu mie instan memiliki kandungan berbahaya dan akan semakin berbahaya bila bercampur dengan air bersuhu tinggi. Untuk mengurangi bahaya ini, sebaiknya bumbu dicampurkan dengan mie saat mie instan telah diangkat dari dalam air rebusan. Bukankah pada kemasan mie instan telah dicantumkan cara pencampuran bumbu dengan mie ? 

Mengurangi Bumbu Mie Instan 
Bumbu mie instan merupakan salah satu bagian yang sering dikhawatirkan. Tak dapat disangkal jika garam dan MSG adalah komposisi bahan pembuatan pada bumbu mie instan. Secara umum garam dan MSG memiliki batas-batas aman tertentu yang boleh dikonsumsi tubuh. Maka dari itu, kurangilah bumbu mie instan saat anda memasak mie instan, atau anda bisa juga menggunakan setengahnya saja. Jika tak mau memakai bumbu dari mie instan, anda juga bisa menggantinya dengan bumbu buatan sendiri. Seperti bawang putih yang dihaluskan, kecap, saus, sedikit merica, garam, saos, ataupun bumbu-bumbu yang lain. Memang sih, terasa agak sedikit berbeda dan tak seenak jika memakai semua bumbu. Tetapi citarasa dari bahan alami lebih aman dan sehat.

Berikan Gizi Yang Seimbang 
Memang benar bahwa mie instan memberikan nutrisi bagi tubuh kita, namun faktanya adalah asupan karbohidrat yang menyebabkan tidak berimbangnya gizi yang masuk kedalam tubuh kita. Sebisa mungkin anda memberikan bahan-bahan yang dapat menambah nilai gizi pada mie instan yang anda buat misalnya saja seperti sawi, wortel, tomat dan lain-lainnya sedangkan anda juga bisa menambahkan daging, telur dan lain-lain sebagai asupan proteinnya.

Sebagai tambahan agar supaya memakan mie instan yang aman dan mengurangi dampak bahaya yang berlebih bagi kesehatan anda, saya sarankan untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ini, antara lain :

Jangan Terlalu Sering
Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, termasuk juga mie instan ini. Buat anda yang mungkin terlalu sering makan mie instan bahkan hampir setiap hari, lebih baik mulai hentikan kebiasaan ini. Mengingat kandungan mie instan yang tinggi karbohidrat namun, minim gizi dan zat yang dibutuhkan untuk tubuh akan membuat tubuh kita tidak mendapat nutrisi yang cukup. Mengkonsumsi mie instan selama seminggu sekali sudah cukup. Selain itu, hindari makan mie instan sebelum menjelang tidur, karena kandungan mie instan yang terbuat dari tepung akan dicerna menjadi gula di dalam tubuh anda dan dapat mengganggu organ pencernaan anda yang seharusnya beristirahat saat tidur.

Jangan Memakan Mie Instan Dalam Keadaan Mentah 
Pasti anda pernah menikmati mie instan dengan cara paling sederhana yaitu dengan meremas mie, dan memberinya bumbu lalu di makan, atau istilahnya makan mentah-mentah. Hal ini tentu saja tidak sehat, karena dapat menggangu percernaan anda. Jadi anda harus mengolahnya sesuai apa yang menjadi petunjuk pada bungkus mie yang ada.

Jangan Menyantap Mie Instan Dengan Nasi 
Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa nasi rasa-rasanya seperti ada sesuatu yang kurang. Akan tetapi mencampur mie instan dengan nasi merupakan kebiasaan yang kurang sehat. Mengapa tidak boleh dicampur dengan nasi? Penyebabnya karena mie instan sudah memiliki banyak kalori dan karbohidrat. Jika dicampur nasi hanya akan menjadikan tubuh kita memiliki kadar gula yang lebih tinggi. 

Namun tahukah anda bila dengan mengkonsumsi makanan siap saji ini, ternyata resikonya tak main-main, terlebih jika anda memasaknya dengan asal-asalan, karena itu di sini kami ingin memberitahukan jika anda akan memasak mie instan, Jangan memasak bumbunya sekalian untuk direbus bersama mie. karena ini sangat berbahaya! Berikut efek samping makan mie instan setiap hari : 

1. Beresiko pada Kerusakan hati Salah satu zat berbahaya yang terkandung dalam mie instan adalah propylene glycol. Jika zat berbahaya ini dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang maka dapat menggangu kerja hati bahkan dapat merusak hati. Inilah salah satu bahaya makan mie instan.

2. Bisa terkena Penyakit Gagal ginjal Kandungan propylene glycol dalam mie instan ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan kerja ginjal sehingga dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

3. Memicu penyakit Diabetes Mie instan memiliki rasa gurih dan mengandung banyak gula sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan penyakit diabetes.

4. Kadar kolesterol meningkat Ternyata tidak hanya makanan bersantan dan juga seafood saja yang dapat menyebabkan kolesterol naik. Mie instan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

5. Dapat Mengganggu hormon Terlalu banyak makan mie instan secara berkala ternyata mampu mengganggu hormon bagi seorang wanita karena adanya kandungan sodium sehingga dapat mempengaruhi jadwal menstruasi.

6. Dapat Menganggu hormone seks Ternyata makan mie instan tidak hanya berpengaruh terhadap hormon wanita saja tetapi juga berpengaruh terhadap hormone pria yaitu hormon seks. Tingginya kandungan zat kimia dalam Mie Instan ini mampu mempengaruhi hormon seks pria sehingga mereka sulit untuk mengontrol gairah.

7. Dapat menyebabkab Tekanan darah tinggi Mengkonsumsi mie instan tiap hari secara berkala ternyata mampu memicu terjadinya tekanan darah tinggi karena berbagai zat kimia yang terkandung didalamnya.

8. Dapat Menurunkan metabolisme tubuh Sebenarnya mengkonsumsi mie instan tidak memberikan energi bagi tubuh melainkan malah menurunkan metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh hanya akan menerima sedikit energi. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat kimia berbahaya dalam mie instan.

9. Dapat Menyebabkan kanker Salah satu penyakit mematikan yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi mie instan setiap hari adalah penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung dalam mie instan seperti styrofoam yang dapat memicu timbulnya kanker.

10. Menyebabkan keguguran bagi ibu hamil Bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya yang terkandung dalam mie instan dapat memicu terjadinya keguguran bagi ibu hamil sehingga bagi wanita hamil jangan makan mie instan selama kehamilannya.

11. Stroke Penyakit selanjutnya yang disebabkan oleh mengkonsumsi mie instan adalah stroke. Penyakit ini merupakan penyakit mematikan dan banyak menyerang sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi mie instan secara berkala mampu memicu penyumbatan dalam aliran darah sehingga memicu terjadinya stroke.

12. Memicu timbulnya Penyakit jantung Bawsanya Mie instan merupakan makanan yang sangat miskin kandungan vitaminnya dan kandungan cardionmetabolic syndrome dalam mie instan ini dapat memicu penyakit jantung.

13. Menyebabkan Obesitas Salah satu bahaya mengkonsumsi mie instan iyalah dapat menyebakan obesitas karena dalam sebungkus mie instan mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah yang besar jika dibandingkan dengan nasi. 

Sebaiknya informasi ini tidak berhenti pada anda saja, silakan sebarkan pada sebagian orang tersayang! Semoga Bermanfaat.
loading...

Artikel Terkait

Doa Mohon Perlindungan untuk Anak

Anak merupakan karunia serta hibah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai penyejuk pandangan mata, kebanggaan orang tua dan sekaligus perhi...

MY ARTIKEL