Inilah Orang Yang Didoakan Malaikat Jibril Untuk Masuk Neraka

Suatu ketika Nabi SAW naik mimbar. Sebagian riwayat menyebutkan, saat itu di akhir Bulan Sya’ban, menjelang masuk Bulan Ramadhan, tiba-tiba saja beliau mengucapkan “Amin!!”, tidak berselang lama, beliau mengucap lagi, “Amin!!”, beberapa saat kemudian beliau mengucap lagi, “Amin!!”


Salah seorang sahabat yang hadir saat itu memberanikan diri untuk bertanya, “Wahai Rasulullah, engkau naik mimbar, dan tiba-tiba saja engkau mengucap ‘amin’ hingga tiga kali, tanpa kami tahu apa maksud dan tujuannya….!!”

Dengan tersenyum Nabi SAW memandang para sahabat yang tampak penuh tanda-tanya dengan sikap beliau tersebut. Kemudian beliau menceritakan, ketika naik mimbar tersebut, tiba-tiba Malaikat Jibril datang dan berkata, “Barang siapa yang mendapati bulan Ramadhan, akan tetapi belum juga diampunkan dosanya hingga ia mati, kemudian ia masuk neraka, maka (sungguh) Allah telah menjauhkannya (dari Rahmat-Nya)….!!”

Dan Malaikat Jibril berkata kepada Nabi SAW, “Katakanlah : Amin!!”

Maka beliau berkata, yang didengar oleh para sahabat, “Amin!!”

Kemudian Malaikat Jibril berkata lagi, “Barang siapa yang mendapati kedua orang-tuanya, atau salah satu dari keduanya, dan ia tidak berbuat baik (tidak taat) kepada keduanya hingga ia mati, kemudian ia masuk neraka, maka (sungguh) Allah telah menjauhkannya (dari Rahmat-Nya)…!!”

Dan Malaikat Jibril berkata kepada Nabi SAW, “Katakanlah : Amin!!”

Maka beliau berkata, yang didengar oleh para sahabat, “Amin!!”

Kemudian Malaikat Jibril berkata lagi, “Barang siapa yang mendengar namamu (Nabi Muhammad SAW) disebutkan kepadanya, dan ia tidak membaca shalawat untukmu hingga ia mati, kemudian ia masuk neraka, maka (sungguh) Allah telah menjauhkannya (dari Rahmat-Nya…!!”

Dan Malaikat Jibril berkata kepada Nabi SAW, “Katakanlah : Amin!!”

Maka beliau berkata, yang didengar oleh para sahabat, “Amin!!”

Berikut ini merupakan penjelasan dan pembahasan dari ketiga doa yang di AMINKAN oleh Nabi Muhammad SAW tersebut.

1. Orang yang menjalani ramadhan tetapi tidak menemukan ampunan
Golongan pertama yang didoakan oleh malaikat jibril dan diaminkan oleh Rasulullah SAW akan masuk neraka  adalah orang yang mendapati ramadhan tetapi tidak mendapatkan ampunan dari Allah SWT sebagaimana kita ketahui bahwasanya Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah serta ampunan Allah SWT. 

Dimana Allah SWT melipatgandakan segala pahala untuk setiap amalan kebaikan yang telah dilakukan selama bulan suci ramahan. Tetapi tak sedikit orang atau manusia yang tidak memanfaatkan waktu bulan ramadhan yang menarik ini untuk melakukan amalan kebaikan. Maka celakalah bagi orang yang demikian, sebab ia tak berusaha untuk memperoleh ampunan dari Allah serta pada akhirnya terjerumus ke dalam api neraka. 

2. Orang yang Tidak Mengabdi dan berbakti Kepada Kedua Orangtuanya
Golongan orang kedua yang didoakan oleh malaikat jibril dan diaminkan oleh Rasulullah SAW akan masuk neraka  adalah mereka yang tetap mempunyai kedua orang tua atau salah satunya tetapi mereka tidak berbakti kepadanya. Maka ia tidak akan memperoleh surga yang dijanjikan oleh Allah SWT tersebut. 

Seorang sahabat bertanya terhadap Rasulullah SAW, "Apakah hak-hak ibu bapak terhadap anaknya?" Rasulullah SAW. menjawab, "Mereka adalah jannahmu serta Jahannam-mu, Yakni keridhaan mereka bakal mernbawamu ke surga, sebaliknya kemurkaan mereka bakal menyeretmu ke neraka.

Selanjutnya disebutkan dalam hadits, "Apabila seorang anak yang taat melihat dengan perasaan kasih sayang serta cinta terhadap kedua orang tuanya, maka pahalanya adalah sama dengan berangkat haji yang maqbul (diterima).

Banyak sekali ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang menerangkan tentang wajibnya berbakti kepada kedua orang tua. Dalam surat Luqman, Allah menyebutkan wajibnya seorang anak berbakti kepada kedua orang tua dan bersyukur kepadanya serta disebutkan juga tentang larangan mengikuti orang tua jika orang tua tersebut mengajak kepada syirik.

3. Orang Yang Mendengar Nama Rasulullah Tetapi Tidak bershalawat kepadanya
Orang terakhir yang tercantum dalam doa berdasarkan kisah diatas adalah mereka yang mendengar nama Rasulullah SAW diucap tetapi tidak bershalawat kepadanya.

Dari abi hurairah, dia mengatakan. telah bersabda rasulullah saw “barang siapa yang berdusta atasku (ialah atas namaku) dengan terencana, hingga hendaklah dia mengambil tempat duduknya (ialah tempat tinggalnya) di neraka”. (hadits shahih dikeluarkan oleh imam bukhari (1/36) dan juga muslim (1/8) dll). 

Nabi SAW bersabda; "Siapa yang mendengar namaku disebut lalu ia tidak membaca shalawat untukku, maka ia akan salah jalan menuju surga". (yakni akan tersesat dari jalan surga), (H.R Imam At-Thabarani)

Untuk mengucapkan shalawat ketika mendengar Nama Beliau disebutkan, ucapannya shalawat nya itu banyak macamnya, tapi yang saya ketahui, kita bisa mengucapkan: Allahumma shalli wa sallim ‘alaih, Allahumma shalli wa sallim ‘ala Muhammad, dan Allahumma shalli wa sallim wa baarik alaih. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat buat kita semua.
loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL