Doa Agar Anda Memiliki Mental Kuat Dan Pintar Berbicara Di Depan Umum

Secara sekilas kecerdasan seseorang akan dilihat dari cara dia bicara, bahkan seorang pemimpin yang adil dan kuat, tapi saat berpidato plekak plekuk, kaku, banyak a e a e, sepintas orang akan menganggap pemimpin tersebut kurang berwibawa, begitulah adanya terkesan sangatlah berpengaruh kemampuan bicara seseorang terhadap persepsi masyarakat umum.


Tidak hanya pemimpin yang membutuhkan mental berbicara di depan umum, tapi adakalanya seseorang secara pribadi membutuhkan mental kuat untuk bicara yang didengarkan lebih dari satu orang atau di depan umum, entah itu pidato, presentasi, wawancara. berikut ini doa dan amalan agar anda pintar berbicara, cerdas dan mempunyai mental yang kuat.

Doa Agar Pintar Bicara di Depan Umum
Terkait dengan cara mempunyai mental untuk bicara, ada kisah menarik dari Nabi Musa AS. Setalah Nabi Musa mendapat wahyu dari Allah SWT memerintahkan Nabi Musa menyampaikan wahyu tersebut kepada Firaun. Tetapi, Nabi Musa takut tidak lancar berbicara lantaran lidahnya cacat akibat menelan bara api saat masih bayi.

Oleh karena itu, Nabi Musa lantas memanjatkan doa agar Allah memberikan kemudahan berbicara. Doa tersebut diabadikan dalam Alquran Surat Thaha ayat 25-28.

Berikut lafal doa tersebut:
Do’a yang amat mudah untuk diamalkan jangan sampai dilupakan,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii”

[Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku]

Doa ini kerap dibaca saat seseorang memulai berbicara dihadapan banyak orang. Doa ini juga dianjurkan dibaca untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan umum.

Amalan Agar Mempunyai Mental yang Kuat
Agar mempunyai mental yang kuat amalkan salah satu dari Asmaul khusna berikut ini. Al Hamiid, الحميد , Artinya: Yang Maha Terpuji.

Keutamaan (khasiat) mengamalkan Al Hamiid.adalah : Untuk membentuk mental yang kuat dan tidak mudah putus asa. dan Agar selalu disenangi di dalam pergaulan sehari-hari.

Cara Mengamalkan Al Hamid
Agar selalu membiasakan diri untuk berdzikir dengan membaca “Yaa Hamiid” setiap hari. Jumlah dan waktunya tidak terbatas. Boleh dibaca kapan saja secara rutin. Sebaiknya dibaca setiap selesai shalat fardhu. Insya Allah bagi setiap orang yang mengamalkan asma’ ini akan memiliki mental yang kuat, bermoral tinggi, sehingga disenangi dalam pergaulan.
loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL