Inilah Ciri-Ciri Istri Pembawa Sial Bagi Seorang Suami

Ada baiknya saat memilih pasangan hidup seorang pria harus mempertimbangkan dalam berbagai hal terutama dalam hal agamanya, Jangan hanya melihat dari paras dan latar belakangnya saja. Pria baik pasti menginginkan wanita yang baik juga untuk bisa menjadi pasangan hidupnya, begitupun sebaliknya. Namun kenyataannya, untuk bisa mendapatkan pasangan yang baik bukan suatu perkara yang mudah dan simple.

Jika salah dalam memilih pasangan, maka hubungannya tidak akan berlangsung begitu baik. bukan kebahagiaan yang dia dapat, melainkan justru merasa bahwa sih istri tersebut menjadi sebab kesialan hidupnya. Jangan pilih wanita menjadi istri hanya karena parasnya yang cantik atau karena kekayaannya, karena kebahagiaan berumah tangga tidak dicapai dengan hal-hal seperti itu. Tapi pilihlah istri sesuai yang disarankan Nabi.

Rasulullah sudah memberi peringatan kepada para suami untuk memperhatikan tiga hal berikut ini. Jika anda mendapati 3 ciri ini pada istri anda, maka Rasulullah menyebutnya sebagai istri pembawa sial. Dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Imam Thabrani dan Imam Al Bazzar, Nabi menyebut ada 3 golongan wanita yang dikategorikan sebagai pembawa kesialan dalam keluarga.

Istri pembawa sial, maka jelas akan menyengsarakan suaminya kelak. Karena itu, jika anda adalah pemuda yang shalih dan sukses, lalu memilih wanita pembawa sial, maka yakinlah hidup Anda pun akan gagal total di tengah jalan. Inilah sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang selalu melekatkan kesialan wanita dalam kehidupan seorang lelaki. Wanita pembawa sial bisa dikatakan ia adalah wanita yang tidak shalihah, wanita yang bodoh dalam pemahamannya, Ia lebih banyak menuntut daripada bersyukur atas segala pemberian suaminya. Karena itu wahai wanita muslimah, introspeksi dirilah selalu agar engkau tidak menjadi wanita pembawa sial kelak bagi suamimu.

Hadist Nabi Terkait Istri Pembawa Sial
Hadist Pertama, dari Abdullah bin Umar diceritakan bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Kesialan terdapat pada istri, rumah, dan kuda.” (HR. Bukhari).

Hadist Kedua, dari Ibnu Umar juga diriwayatkan bahwa dia berkata, Mereka (para sahabat) pernah membicarakan masalah kesialan di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam lalu beliau bersabda, “Jika kesialan terdapat pada sesuatu, maka ia terdapat pada rumah, istri, dan kuda.” (HR. Bukhari)

Hadist Ketiga, dan dari Sahal bin Saad juga diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Jika (kesialan itu) terdapat pada sesuatu, maka ia terdapat pada kuda, istri, dan tempat tinggal.” (HR. Bukhari) 

Imam Bukhari mencatat hadits-hadits di atas setelah menyebut firman Allah ta’ala yang artinya, “Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu.” (QS. At Taghabun:14)

Hal ini mengisyaratkan bahwa kesialan itu secara khusus muncul dari istri yang menjadi biang permusuhan dan fitnah. Lalu bagaimanakah ciri istri pembawa sial tersebut? Berikut uraiannya :

1. Berkata Menyakitkan
Ciri yang pertama dari seorang istri yang bisa dibilang dapat membawa kesialan bagi suaminya adalah ia yang berkata namun menyakiti. Banyak sekali istri yang tidak mengerti akan keadaan seorang suami yang kelelahan setelah pulang bekerja. Terkadang keterlambatan suami sampai di rumah menjadi alasan istri mengatakan suatu hal yang bisa menyakiti hati suaminya.

2. Jika Dilihat, Dia Menjengkelkan
Ciri dari istri pembawa sial yang berikutnya adalah apabila dilihat ia sangat menjengkelkan. Ini merupakan suatu kesialan bagi seorang suami yang baru pulang kerja melihat istrinya dalam keadaan kumal, belum mandi, dan bau. Tentu saja ini menimbulkan kejengkelan dalam hati suami yang melihat penampilannya.

Terlebih lagi ketika sang istri tidak mau mendengarka ketika suaminya sedang mengingatkan tentang hal tersebut. Bukannya menuruti tapi dia malah melawan, bahkan bisa lebih galak kepada suaminya.

3. Ketika Ditinggal Pergi, Dia Berkhianat
Ciri dari istri pembawa sial yang terahkir adalah jika ia ditinggal pergi, maka dia akan berkhianat. Tidak sedikit suami yang meninggalkan istrinya ke luar kota karena ada urusan pekerjaan. Masalah mulai terlihat saat sang suami merasa curiga kepada istrinya karena tak ada sifat amanah dan tanggung jawab dari istrinya.

Bisa saja saat anda tinggal ke luar kota, istri anda pergi entah kemana bersama orang lain atau pulang ke rumah orangtuanya dan tidak kembali lagi tanpa sepengetahuan anda sebagai suami. Istri yang seperti ini yang dapat membawa kesialan bagi suaminya karena akan menyebabkan suaminya tidak konsentrasi lagi dalam melakukan pekerjaan dan akhirnya membuat banyak kesalahan.

Kesialan itu sebenarnya hanya muncul dari istri yang suka melawan, tidak taat, rakus terhadap dunia, merepotkan suami dan merusak keharmonisan rumah tangga. Sebab, hal itu semua berada di tangannya, dan dia memiliki kemampuan untuk mengubah diri menjadi istri yang penyayang, taat, tidak suka membebani suaminya dengan hal-hal yang di luar kemam­puannya, dan selalu memberikan kedamaian yang menyenangkan dan membahagiakan.

Ibnu Hajar mengatakan, “Wanita memiliki kekurangan dalam hal akal dan agamanya, ia mendorong laki-laki untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan kurangnya akal dan agama. Misalnya, membuat suaminya kehilangan kesempatan untuk mempelajari masalah agama dan mendorongnya menjadi orang yang rakus terhadap dunia. Hal itu jelas merupakan kerusakan yang paling parah.”

Itulah mengapa, istri shalehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Istri shalehah adalah sebaik-baik pendamping yang bisa menyejukkan pandangan, hati dan pikiran. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara (sumber) kebahagiaan anak Adam ialah tiga hal: istri yang shalehah, tempat tinggal yang baik, dan kenda­raan yang bagus. Dan di antara (sumber) kesengsaraan anak Adam ialah: istri yang jahat, tempat tinggal yang buruk, dan kendaraan yang jelek.” (HR. Ahmad. Hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Oleh sebab itu sebagai laki-laki harus pintar-pintar dalam memilih calon istri, jangan sampai kebahagaian yang diidamkan dalam rumah tangga malah menjadi naas, karena memilih istri dengan kriteria pembawa sial diatas. Ingat jangan pernah memandang seseorang wanita dari parasnya saja!!.
loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL