Alasan Setan Menyukai Kamar Mandi dan Menggoda Manusia Berlama-lama

Halo sahabat semua hari ini postingan saya mengenai  Alasan Setan Menyukai Kamar Mandi dan Menggoda Manusia Berlama-lama banyak teman atau ...

Amalan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara

Dizaman modern saat ini sudah banyak sekali jenis kendaraan darat, laut, maupun udara yang kita gunakan setiap hari dalam menempuh perjalanan kesuatu daerah baik antar kota, provinsi, bahkan negara. Dimana manusia hanya tinggal mengaplikasikan layar gadget sudah akan ada kendaraan yang siap menunggu di depan pintu rumah.

Bagaimana menurut anda sungguh sangat mudah bukan?
Bisa dikatakan bahwa transportasi memang memudahkan setiap manusia untuk melakukan mobilisasi ke sebuah daerah tertentu dengan cepat. Akan tetapi banyak pula kita melihat atau mendengar berita yang justru sungguh menyedihkan mengingat beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas, kapal tenggelam, maupun pesawat jatuh ataupun meledak yang telah terjadi karena kendaraan transportasi yang ditumpangi tersebut.

Sehingga jika tak berhati-hati, maka akibat buruk bisa saja menimpa kita kapanpun dan dimana saja. Maka dari itu, sebagai umat muslim agama kita menganjurkan umatnya untuk selalu berhati-hati dan membaca doa di setiap saat, salah satunya doa naik kendaraan sesuai sunnah. Jadi, tetaplah untuk memanjatkan doa meskipun Anda hanya naik sepeda ataupun becak, sepeda becak juga merupakan salah satu kendaraan darat. Dan masih banyak lagi jenis kendaraan-kendaraan darat lainnya.

Seperti apakah doanya? berikut ulasan lengkapnya terkait Amalan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara :
Doa ketika hendak berpergian
اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ. وَإِذَا رَجَعَ قَالَهُنَّ وَزَادَ فِيْهِنَّ: آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ.

Artinya:
“Allah Maha Besar (3x). Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedang sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat).
Ya Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridhakanMu.
Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku).
Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga.”

Apabila kembali, doa di atas dibaca, dan ditambah: “Kami kembali dengan bertaubat, tetap beribadah dan selalu memuji kepada Tuhan kami.”

Lafadz Doa Naik Kendaraan Darat
سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Subhaanal Ladzii Sakhhoro Lanaa Haadzaa Wa Maa Kunnaa Lahuu Muqriniina Wa Innaa Ilaa Robbinaa Lamungqolibuuna.

Artinya :
Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Lafadz Doa Naik Kendaraan Laut
بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ
Bismillaahi Majrahaa Wa Mursaahaa Inna Robbii Laghofuurur Rohiim

Artinya :
Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Bacaan doa naik kendaraan udara
Sedangkan untuk bacaan doa naik kendaraan udara, bisa dengan bacaan yang sama seperti doa kendaraan darat, atau bisa juga dengan membaca ayat kursi. Sebagai Berikut :
سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Subhaanal Ladzii Sakhhoro Lanaa Haadzaa Wa Maa Kunnaa Lahuu Muqriniina Wa Innaa Ilaa Robbinaa Lamungqolibuuna.

Artinya :
Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Adab-adab Naik Kendaraan
Melihat perkembangan zaman yang sangat pesat, maka nikmat Allah yang diberikan kepada manusia begitu banyak sehingga manusiapun bisa membuat berbagai macam, jenis, dan ragam kendaraan. Dahulu mereka cuma mengendarai binatang-binatang berupa keledai, kuda, dan unta. Allah -Ta’ala- berfirman, وَالْخَيْلَ وَالْبِغالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوها وَزِينَةً وَيَخْلُقُ مَا لا تَعْلَمُونَ
“Dan (Dia Telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya”. (QS. An-Nahl: 8).

Oleh karena itulah, sebagai manusia kita harus bersyukur dan selalu mengingat adab-adab ketika hendak berpergian dengan menggunakan kendaraan. Lantas apa saja adab-adab yang harus kita penuhi saat ingin menaiki kendaraan selain membaca doa naik kendaraan diatas agar selamat?
  1. Mengingat Allah SWT
  2. Mematuhi peraturan lalu lintas
  3. Memeriksa kendaraan sebelum mengendarainya
  4. Berkendara dengan aman tidak ugal-ugalan
  5. Memberikan hak jalan kepada yang pantas menerimanya, seperti pejalan kaki, tak bekendara di trotoar, berhenti sebelum garis pembatas jalan antara zebra cross, dll.
Itulah ulasan lengkap mengenai amalan doa naik kendaraan motor, baik darat, laut, dan udara. Semoga bisa diamalkan dalam kehidupan sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri dalam ridha-Nya. Dengan membaca doa-doa diatas ketika kita naik kendaraan, semoga kita semua selamat sampai tujuan tanpa ada halangan apapun. Amien.
loading...

Artikel Terkait

loading...
loading...