Keistimewaan Bahasa Arab Dibandingkan Bahasa Lain Di Dunia

Allah SWT bukan tidak tahu bahwa manusia itu memiliki ribuan jenis bahasa yang saling berbeda. Namun Allah telah menetapkan bahasa yang digunakannya untuk memberikan petunjuk buat milyaran umat manusia, yaitu dengan menggunakan Bahasa Arab.


Sebelum diutusnya nabi Muhammad, memang Allah berbicara kepada umat manusia dengan menggunakan bahwa masing-masing lewat kitab suci yang diwahyukan kepada para nabi dan rasulNya. Dan Allah Ta’ala mengutus para nabi dan rasul dari keturunan masing-masing bangsa dan bahasa itu. Sebagaimana firman-Nya: Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

Imam Asy-Syafi’i mengatakan, Manusia menjadi buta agama, bodoh dan selalu berselisih paham lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles. (Siyaru A’lamin Nubala, 10/74.)

Itulah ungkapan Imam Syafi’i buat umat, agar kita jangan memarginalkan bahasa kebanggaan umat Islam tersebut. Seandainya sang imam menyaksikan sikap umat sekarang ini terhadap bahasa Arab, tentulah keprihatinan beliau akan semakin memuncak. Bahasa Arab memang sebuah bahasa yang istimewa. Sehingga Allah Ta’ala berkenan berbicara kepada umat manusia dengan bahasa Arab lewat Al-Quran Al-Kariem. Padahal Al-Quran itu bukan hanya ditujukan kepada bangsa Arab saja, melainkan untuk seluruh umat manusia sepanjang zaman.

Berikut ini saya akan menguraikan beberapa keistimewaan Bahasa Arab, semoga menjadi bahan pelajaran buat kita semua dan menambah ilmu pengetahuan kita semua :

1. Bahasa Arab adalah bahasa Al Quran. 
Allah ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menjadikan Al-Quran dalam bahasa Arab, supaya kalian memahaminya.” (QS. Az Zukhruf: 3)

2. Bahasa Arab adalah bahasa Nabi Muhammad dan bahasa verbal para sahabat. 
Hadits-hadits Nabi yang sampai kepada kita dengan berbahasa Arab. Demikian juga kitab-kitab fikih, tertulis dengan bahasa ini. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Arab menjadi pintu gerbang dalam memahaminya.

3. Susunan kata bahasa Arab tidak banyak.
Kebanyakan terdiri atas susunan tiga huruf saja. Ini akan mempermudah pemahaman dan pengucapannya. Namun Bahasa Arab Memiliki Jumlah Perbendaharaan Kata yang Paling Banyak. Salah satu keistimewaan bahasa Arab lainnya adalah kekayaan dalam jumlah perbendaharaan kata. Mungkin karena usianya yang sudah tua namun masih digunakan hingga hari ini, sehingga penbendaharaan kata di dalam bahasa Arab menjadi sangat besar. Sebagai contoh, salah satu peneliti bahasa Arab mengemukakan bahwa orang Arab punya 80 sinonim untuk kata yang bermakna unta. Dan punya 200 sinonim untuk kata yang bermakna anjing.

4. Indahnya kosa kata Arab. 
Orang yang mencermati ungkapan dan kalimat dalam bahasa Arab, ia akan merasakan sebuah ungkapan yang indah dan gamblang sehingga mudah dipahami, tersusun dengan kata-kata yang ringkas dan padat.

5. Bahasa Arab adalah induk dari semua bahasa manusia 
Pendapat ini sering mengemuka ketika kita mempelajari sejarah suatu bahasa. Analisa yang sering digunakan adalah bahwa sejak manusia pertama, Nabi Adam as, menjejakkan kaki di atas bumi, beliau sudah pandai berbicara. Dan karena sebelum beliau adalah penduduk surga, di mana ada keterangan bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab di dalam suatu atsar, maka otomatis bahasa yang digunakan oleh Nabi Adam as itu adalah bahasa Arab.

Dan tentunya anak-anak keturunan Nabi Adam as itu pun menggunakan bahasa Arab. Meski pun setelah itu jumlah mereka tambah banyak dan tersebar ke berbagai benua, menjadi jutaan bahasa yang saling berbeda.

6. Bahasa Arab adalah Bahasa Tertua dan Abadi.
Bahasa Inggris sekarang ini boleh saja dikatakan bahwa paling populer di dunia, akan tetapi tidak ada bahasa yang bisa bertahan lama di muka bumi selain bahasa Arab. Sebab sejarah membuktikan bahwa sejak zaman Ibrahim as. di muka bumi yang diperkirakan hidup pada abad 19 sebelum masehi, mereka tercatat sudah menggunakan bahasa Arab. Itu berarti bahasa Arab paling tidak sudah digunakan oleh umat manusia sejak 40 abad yang lalu, atau 40.000 tahun. Artinya, bahasa Arab akan terus berlangsung hingga akhir dunia ini.

7. Bahasa Arab adalah Bahasa yang Paling Banyak Diserap
Bahkan serapan dari bahasa Arab nyaris terdapat di hampir semua bahasa yang ada saat ini. Nyaris bahasa-bahasa yang kita kenal sekarang ini, telah banyak menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa Arab. Salah satunya adalah bahasa Ingrgris dan tentunya bahasa Indonesia.

Bahkan bahasa ilmiyah di dunia sains pun tidak lepas dari pengaruh serapan kata dari bahasa Arab. Istilah alkohol, aljabar, algoritme dan lainnya adalah bagian dari serapan dari bahasa arab.

8. Bahasa Arab Bagian Dari Agama Islam
“Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.”

9. Bahasa Arab Adalah Bahasa Generasi Terbaik
Dilansir dari artikel muslim.or.id bahwa selain itu bahasa Arab merupakan bahasa generasi terbaik sesudah para sahabat yaitu tabi'in dan tabi'ut. Demikian pula bahasa ini menjadi bahasa para imam Ahlus Sunnah wal Jamaah yang jenius dan brilian seperti imam-imam madzhab: Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

10. Bahasa Terbaik Dalam Memahami Islam.
Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu 'anhu pernah mengatakan,
"Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu termasuk bagian dari agama kalian." Masbuqudz Dzahab Hal. 9 dan Idhahul Waqf wal Ibtida'

Di saat kita memulai mempelajari bahasa Arab, maka yang terbayang-bayang di otak kita adalah bahasanya Al-Qur'an. Jika kita mengetahui beberapa kosakata saja dalam bahasa Arab, begitu kita membuka Al-Qur'an, betapa senangnya hati kita tanpa melihat terjemahan kita sudah mampu memahami artinya, masya Allah.

11. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Sempurna Dan Universal
“Dan sesungguhnya Al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Nabi Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” QS. Asy-Syu’ara: 192-195

Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab tafsirnya mengatakan,
"Maksudnya bahwa Al-Qur'an ini adalah (wahyu) yang Kami turunkan kepadamu dengan lisan (bahasa)mu (yaitu) bahasa Arab yang fasih, sempurna, universal agar Al-Qur'an menjadi jelas, terang, lagi gamblang, memutuskan udzur, menegakkan hujjah dan sebagai dalil yang menunjukkan kepada tujuan yang dimaksud.”

"Ketika Allah Ta’ala memilih bahasa Arab untuk menjelaskan (firman-Nya), menunjukkan bahwa bahasa-bahasa yang lainnya, kemampuan, dan tingkatannya di bawah bahasa Arab."

12. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Paling Efektif Untuk Menyampaikan Gagasan
“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur'an berupa kitab yang berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” QS. Yusuf: 2

Dalam artikelnya lain disebutkan bahwa pakar tafsir yang terkenal, Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan rahasia di balik penurunan Al-Qur'an dengan berbahasa Arab: "Hal yang demikian itu dikarenakan bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), serta paling efektif dalam menyampaikan sebuah makna." Source: Tafsir Ibnu Katsir

13. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Paling Mulia
Ibnu Katsir rahimahullah saat menafsirkan Surat Yusuf ayat 2 di atas juga menyatakan bahwa dikarenakan karakteristik bahasa Arab yang sedemikian sempurna dan istimewa, maka pantaslah jika Allah turunkan Kitabullah dalam bahasa yang paling agung.

Oleh karena itu, mari kita bersegera belajar Bahasa Arab agar bisa mendapatkan keberkahan dari keistimewaan diberikan Allah SWT, dengan tujuan "Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu termasuk bagian dari agama kalian." Wallahu a'lam

Artikel Terkait