Rezeki Melimpah Hanya Dengan Amalan Ayat Kursi

Pada dasarnya semua ayat dalam kitab suci Al-qur’an sangat mulia. Tapi Allah dengan segala sifat Maha Kebijaksanaan-Nya menjadikan ayat kursi dalam alquran lebih agung dari yang lainnya. Bagi umat muslim, Ayat Kursi merupakan senjata yang paling ampuh untuk menghindari gangguan dari makhluk ghaib, terutama setan dan jin. Selain itu, ayat kursi juga diketahui sebagai ayat yang menjadi pegangan hidup dalam artian suatu ayat yang apabila diamalkan dapat mempermudah terkabulnya do’a. 

Ayat yang dipercaya mampu mendatangkan keberkahan, melancarkan hajat, keberlimpahan rezeki dan untuk perlindungan diri. Di dalam Ayat Kursi terkandung banyak makna Kebesaran Allah, Keagungan Allah serta Kekuasaan-Nya dalam menguasai segala yang ada di langit maupun di Bumi. Banyak umat muslim yang mempercayai amalan ayat Kursi, dan sudah banyak pula yang mengamalkannya. Oleh karena itu banyak yang telah merasakan manfaat, fadhilah, karomah, hikmah, dan khasiat dari ayat Kursi ini. Berikut ayat kursi yang dapat menjadi bacaan dalam mendapatkan rezeki yang melimpah :

ۚ اللّٰـهُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ
ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ
ۗ لَّهُۥ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ
ۚ مَن ذَا الَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۦ
ۖ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ
ۚ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ
ۖ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ
وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِىُّ الْعَظِيمُ
(Ayat Kursi, QS : Al-Baqarah : 255)

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM

Terjemahan Ayat Kursi:
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Manfaat Wirid Ayat Kursi
Dari terjemahannya, orang-orang pengamal ilmu hikmah menyatakan ada 7 manfaat atau hikmah ayat kursi. Ke-7 hikmah ayat kursi dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Memperkuat iman – “Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia”
  2. Ketenangan batin – “Dia Yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya”
  3. Perlindungan Diri – “Tidak Mengantuk dan Tidak Tidur”
  4. Mengabulkan segala keinginan – “Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi”
  5. Solusi segala masalah – “Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya”
  6. Ilmu pengetahuan & Kecerdasaan – “Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya”
  7. Hajad – ” Dengan wirid Ayat kursi, maka apa yang menjadi hajad nya akan dikabulkan”
Perlu diingat bahwa dari tujuh khasiat ayat kursi di atas, fungsi utamanya adalah sebagai pengingat agar si pengamal selalu ingat Kebesaran Allah sebagaimana yang dijelaskan dalam setiap makna Ayat Kursi tersebut. Dengan sering membaca dan menghayati makna yang terkandung dalam Ayat Kursi, maka Anda akan merasakan sendiri khasiatnya dengan mengamalkannya secara istiqomah.

KEDUDUKAN DAN KEUTAMAAN AYAT KURSI
Didalamnya (ayat Al-Kursi) mengandung khasiat yang bermacam-macam yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan atau pegangan hidup. Karena saking hebatnya,maka ketika ayat itu diturunkan oleh Allah, turunlah bersama 70.000 malaikat yang mulia untuk memuliakan dan mengagungkannya (ayat Al-Kursi). Sesungguhnya keagung ayat Al-Kursi itu sehingga Allah SWT begitu memuliakannya. Adapun kedudukan ayat Al-Kursi sebagaimana diterangkan beberapa hadist dibawah ini.

Ibnu Mas’ud r.a. berkata yang artinya : “ Ayat Al-Kursi adalah penghulunya ayat-ayat Al-Qur’an.” “ Sebesar-besar ayat dalam Al-Qur’an adalah ayat Al-kursi,dan seadil-adilnya ayat dalam Al-Qur’an adalah : INNALLAHA YA’MURU BIL ‘ADLI WAL IHSAN. Dan ayat yang sangat menakutkan adalah : FAMAN YAKMAL MITSQAALA DZARRATIN SYARRAN YARAHU. Dan yang sangat menimbulkan harapan yaitu ayat : QUL YAA IBAADIYAL LADZIINA ASRAFU ALAA ANFUSIHIIM LAA TAQNATHUU MIN RAHMATILLAHI. (H.R Ibn.Mardawih,Asy-Syairazi)

Demikian kedudukan ayat Al-Kursi yang begitu tinggi sehingga ALLAH SWT begitu mengagungkannya. Adapun keutamaan ayat Al-Kursi bagi orang yang mau mengamalkannya adalah sebagai berikut :
  1. Orang yang membaca ayat Al-Kursi dan menghadiahkannya kepada ahli kubur maka AllAh akan memasukkan 40 nur kedalam kubur itu.
  2. Orang yang membaca ayat Al-Kursi sehabis sholat lima waktu maka ia akan dimasukkan kedalam surga.Hal ini sesuai dengan hadist Nabi sebagai berikut : “ Barang siapa membaca ayat Al-Kursi sehabis sholat maktubah, maka ia tidak terhalang untuk masuk kedalam surga kecuali oleh kematiannya.”
  3. Orang yang membaca ayat Al-Kursi akan mendapatkan pahala sebanyak pahala 40 Nabi.
  4. Orang yang membaca ayat Al-Kursi akan mendapatkan keistimewaan dibebaskan oleh Allah dari segala macam kesusahan.Sebagaimana hadist nabi : “ Barangsiapa membaca ayat Al-Kursi dan akhir surat Al-Baqarah di saat-saat kesusahan,maka Allah ta’ala akan menolongnya.”
  5. Orang yang membaca ayat Al-Kursi setiap sholat fardhu dengan rutin, maka Allah akan mencabut nyawanya dengan hati-hati.
  6. Orang yang membaca ayat Al-Kursi, maka akan ditulis kebaikan-kebaikannya dan dihapus dosa-dosanya mulai saat ini hingga hari esok. Nabi Muhammad SAW bersabda : “ Sesungguhnya seagung-agungnya ayat dalam Al-Qur’an adalah Ayat Kursi. Barangsiapa membacanya (Ayat Kursi) niscaya Allah akan mengutus malaikat untuk menulis kebaikan-kebaikannya dan menghapus dari keburukan-keburukannya dari detik itu sampai esok hari.”
  7. Orang yang rutin membaca ayat Al-Kursi sehabis sholat lima waktu, maka akan memperolah pahala sebagaimana pahalannya orang-orang yang bertaqwa (muttaqin) dan amalan-amalannya orang yang jujur (siddiqiin).
Nabi Muhammad SAW bersabda :
“ Allah ta’ala menyampaikan wahyu nabi Musa : Barang siapa melanggengkan membaca ayat Al-Kursi sehabis sholat maktubah,maka aku berikan pahala kepadanya,pahala-pahala muttaqin dan amal-amalnya shadiqin.”

Demikanlah keutamaan yang dapat diperoleh bagi orang-orang yang mau dan mampu mengamalkannya ayat Al-Kursi. Dan marilah kita semua berdoa pada Allah semoga kita diberi kekuatan untuk selalu membacanya dan sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan kita masing-masing. Amiin.

Artikel Terkait