Alasan Setan Menyukai Kamar Mandi dan Menggoda Manusia Berlama-lama

Halo sahabat semua hari ini postingan saya mengenai Alasan Setan Menyukai Kamar Mandi dan Menggoda Manusia Berlama-lama banyak teman atau saudara-saudara kita yang suka bernyanyi di kamar mandi? Atau main handphone sambil buang air? Atau mungkin merokok sambil buang air besar. Sepertinya kamu harus tinggalkan kebiasaan tersebut!

Pada masa sekarang kamar mandi bukan hanya sekedar untuk mandi, tetapi kamar mandi harus memenuhi tuntutan yang lebih tinggi dimana kamar mandi adalah ruang untuk melakukan kegiatan seperti: Mandi, Buang air, Cuci tangan dan muka, dan sikat gigi. Di samping itu kamar mandi dibutuhkan kadang untuk wudhu sebelum shalat dan rileks bagi pekerja yang waktunya terbatas. 

Berikut alasan kenapa setan sangat menyukai kamar mandi karena tempat ini isinya kotoran, di sana tidak ada zikrullah, dan di sana manusia buka aurat. Sehingga setan menyukai tempat semacam ini. Karena itu, kamar mandi, toilet, tidak boleh jadi tempat favorit, apalagi tempat istirahat. Manusia yang hobi berdiam di kamar mandi, atau toilet, berarti fitrahnya perlu diluruskan.

Dalam sebuah hadist juga, Rasulullah bercerita bahwa Iblis meminta tempat tinggal kepada Allah seperti halnya Allah memberikan tempat tinggal kepada anak adam untuk berada di bumi. "Ya Allah, adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal..!!" Kata Iblis..Allah berfirman,,"Tempat tinggalmu adalah kamar mandi atau tandas"(HR. Bukhari)

Adapun kepentingan kita di kamar mandi hanyalah untuk buang hajat atau untuk mandi atau kebutuhan lainnya. Sehingga ketika selesai berhajat, dianjurkan agar segera keluar. Untuk itulah, para ulama melarang makan atau minum di kamar mandi. Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang hukum makan atau minum di kamar mandi. Jawaban beliau, "Kamar mandi adalah tempat untuk buang hajat saja. Sehingga tidak selayaknya berdiam lama di kamar mandi, kecuali sebatas menyelesaikan hajatnya. Sementara makan dan minum di kamar mandi, menyebabkan seseorang teralalu lama diam di kamar mandi, yang tidak selayaknya dilakukan." (Majmu al-Fatawa, 11/110)

Semakna dengan ini adalah merokok di kamar mandi. Apalagi untuk mencari inspirasi. Kita khawatirkan, inspirasi produk kamar mandi adalah inspirasi dari setan. Dari situlah kemudian Iblis pun menggoda setiap orang yang memasuki rumahnya yang berupa kamar mandi. Allahu alam.

Godaan iblis macam-macam dan aneka warna. contohnya menggoda manusia supaya:
  1. Berlama-lama di dalam kamar mandi sambil menghayal atau mencari inspirasi
  2. Bernyanyi atau berkata-kata yang sia-sia tanpa makna
  3. Bermain-main air atau sesuatu yang lain (bawa hp mendengarkan muzik, ber'facebook') 
  4. Membisik seseorang supaya kencing sambil berdiri
  5. Membiarkan baju yang kotor tergantung di dalam kamar mandi
  6. Membuat lupa seseorang untuk berdoa ketika hendak masuk atau keluar dari kamar mandi
  7. Berwudhu sambil telanjang.
  8. Mencoret-coret dinding bilik mandi
  9. Merencanakan atau berbuat kejahatan
  10. Onani/masturbasi di dalam kamar mandi, dimana air mani akan bercampur dengan air mani iblis sehingga menyebabkan terlahirnya tuyul.
Maka diharapkan untuk semua saudara-saudara sekalian untuk selalu hati-hatilah sewaktu dalam kamar mandi atau tandas. Dan tips yang baik adalah mandi, buang air dll sewajarnya saja. lebih cepat lebih baik kata om Jusuf Kalla.

Sebagai seorang muslim kita dituntut untuk selalu menjaga adab walaupun itu dikamar mandi mulai dari berdoa masuk dan keluar kamar mandi adapun tuntunan do'a Masuk dan Keluar Kamar Mandi adalah sebagai berikut :

Do'a Ketika Masuk Kamar Mandi (WC)
اَللّهُمَّ اِنىِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَ الْخَبَائِثِ
"ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI"
Artinya : Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Do'a Ketika Keluar Kamar Mandi (WC)
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذى وَعَافَنِى
"ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA ANNIL ADZA WA 'AAFANII";
Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.

Manfaat Dari Berdoa Ketika Masuk Dan Keluar Kamar Mandi
Ketika Masuk
Pada saat kita mandi atau ingin kencing, tentunya kita dalam keadaan telanjang. Dengan berdo'a, maka Aurat kita tidak akan terlihat oleh syetan dan jin. Dan dengan berdo'a juga maka kita akan terhindar dari perbuatan buruk.

Kita tidak dapat mengira kapan kita akan mati bukan? bisa saja sewaktu-waktu kita mati di kamar mandi. Jika sebelumnya seseorang mengucapkan do'a ketika akan memasuki kamar mandi, maka insyaallah dia mati dalam keadaan Khusnul Khotimah.
Ketika Keluar
Ketika berada di kamar mandi tentu kita melakukan sesuatu seperti "BAB, kencing dsb" kegiatan tersebut adalah membuang kotoran yang ada di dalam tubuh kita. Maka hendaknya setelah melakukan itu dan saat kita keluar dari kamar mandi, kita mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT karena telah memberi kita kesehatan dan telah menghilangkan kotoran dan penyakit dari dalam tubuh kita. Allah akan senantiasa menambah nikmat orang yang mensyukuri nikmat yang ia berikan.

Artikel Terkait