Portal Pendaftaran CPNS Tidak Diundur Dapat Diakses Hari Ini Juga

Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda), Dimana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkan pembukaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS akan dilaksanakan hari ini, Rabu (19/9/2018)

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini terkait jumlah formasi dan berkas yang harus disiapkan.
Dimana pembukaan CPNS 2018 akan terintegrasi melalui satu portal resmi dari Badan Kepegawaian Negara ( BKN), sscn.bkn.go.id. Dengan demikian, tidak ada portal mandiri suatu instansi. Hingga pagi ini portal SSCN belum dapat diakses. Padahal, nantinya calon peserta seleksi CPNS 2018 diharuskan memiliki akun SSCN untuk melaksanakan proses seleksi selanjutnya. 

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pembukaan rekrutmen CPNS tetap akan dilaksanakan hari ini. "Tidak ditunda. Iya mudah-mudahan (dapat diakses nanti sore). Targetnya hari ini go live untuk pengumuman formasi dan persyaratan," kata Ridwan, Rabu (19/9/2018) pagi.

Selain itu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade). Nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen.

Melalui akun resmi Twitter BKN, @BKNgoid menyampaikan kepada calon peserta seleksi CPNS 2018 untuk mencoba membuka secara berkala portal SSCN. Untuk tata cara pendaftaran CPNS online 2018 silahkan download buku panduannya atau klik disini.

Sekali lagi bagi masyarakat ataupun calon PNS yang ingin mendaftar diminta memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id klik disini dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id klik disini. Sedangkan untuk cara pendaftaran silahkan klik disini. Untuk model soal test CPNS 2018 Klik Disini.

Artikel Terkait