Tips Agar Mendaftar Dan Tes CPNS Selalu Dimudahkan

Sebelum Anda melakukan pendaftaran ke instansi dan jabatan yang dituju, seluruh peserta (termasuk yang sudah pernah mendaftar di SSCN sebelumnya) diwajibkan untuk membuat sebuah akun akses SSCN 2018 terlebih dahulu. Dengan cara berikut ini untuk lebih jelasnya silahkan baca disini cara pendaftaran onlinenya kemudian Silahkan pilih jenis formasi yang ingin didaftar, masukkan data diri sesuai dengan jenis formasi yang dipilih, lalu klik tombol "Lanjutkan".

Dari hari kehari situs sscn.bkn.go.id sudah mulai sulit untuk diakses oleh para peserta CPNS 2018 yang ingin mendaftarkan diri atau anggota keluarganya yang mana proses registrasi mulai dapat di akses pada tanggal 26 September 2018 dan brakhir pada tanggal 15 Oktober 2018, kali ini saya akan menjelaskan tips agar mendaftar dan saat melakukan test CPNS selalu dimudahkan berikut uraiannya :


Banyak yang meminta saran-saran serta tips ataupun trik dalam menghadapi soal tes CPNS dan juga lulus dengan nilai masuk dalam passing grade yang ditentukan. Baiklah akan kucoba tulis disini agar bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang berjuang tips ini dirangkum dari berbagai sumber dan pengalaman teman-teman yang telah sukses. Berikut tips yang dapat saya sampaikan :
  1. Cari Informasi yang tepat tentang peluang Lowongan yang sahabat cari saat Lowongan CPNS di umumkan (jangan asal Ikut tes CPNS tapi tidak sesuai dengan Pendidikan Kita).
  2. Buat Lamaran CPNS sesuai aturan, jangan asal kirim Lamaran karena seleksi berkas Lamaran juga menentukan kelulusan tes CPNS.
  3. Jika sudah mendapatkan Waktu dilaksanakan tes CPNS siapkan mental untuk menghadapi ujian dan ini Tips dari teman-teman yang berhasil tes CPNS dan sekarang sudah menjadi PNS.
  4. Cari Soal-soal tes CPNS baik di toko buku ataupun di mbah Google, banyak kok di share blog teman-teman. Salah Satunya baca disini.
  5. Pelajari dengan tekun semua contoh soal-soal tes CPNS pada tes CPNS tahun sebelumnya, jika perlu bangun jam 04.00 Pagi, saat semua ternyenyak tidur, sahabat harus berjuang belajar kalau bisa sempatkan waktu untuk shalat Tahajut.
  6. Jangan pikirkan temen-temen yang nyogok untuk Lulus CPNS, karena pikiran itu yang membuat mental anda down. Berfikir positif bahwa sahabat akan lulus Tes Dengan Kemampuan Kita Sendiri.
  7. Berdoa kepada "Tuhan Yang Maha Esa" sesuai keyakinan masing-masing, doanya jangan minta sesuai keinginan Sahabat, pasti Tuhan Tolak, berdoalah supaya semua ini terjadi sesuai kehendakNya.
  8. Saat Tes dilaksanakan usahakan Baca semua soal CPNS dengan teliti karena terkadang soal CPNS itu tidak sesuai dengan pemikiran sahabat.
  9. Jawab seluruh soal tes CPNS dengan benar, jangan ada yang terlewati atau di sisain ya !!! Sapa tau bisa benar dan dapat bimbingan dari Allah SWT
  10. Selesai ujian tinggal tunggu Pengumuman Dan Selalu berdoa agar semua telah kita lakukan bernilai ibadah dan selalu dimudahkan oleh Allah SWT.
Hampir semua orang yang ikut test CPNS melakukan berbagai cara agar nantinya mereka bisa lulus dalam Test CPNS sesuai formasinya. Sebenarnya untuk bisa lulus test cpns sangatlah mudah atau tidak terlalu rumit, hanya saja tergantung dalam setiap formasi ada berapa orang yang dibutuhkan. Memang bagi sebagian orang apalagi mereka yang memang belum pernah dan baru akan ikut tes seleksi CPNS yang pertama kali memang sulit menebak soal tes apa sajakah yang akan keluar dan diujikan dalam tes seleksi yang akan diikuti namun tidak bagi yang pernah ikut tes sebelumnya.

Ok kita lanjut pada tahap proses pendaftaran CPNS, Sebelum memulai pendaftaran, untuk yang muslim, jangan lupa membaca doa agar dilancarkan segala urusan kita, termasuk doa agar pendaftaran CPNS 2018 berjalan lancar tanpa kendala dan hambatan. Amalan doa ini bisa kapan saja kalian bacakan, namun lebih baik dilakukan setelah mengerjakan shalat baik wajib ataupun sunnah.

Berikut Amalan Doa agar diberi kemudahan dalam menghadapi segala urusan dunia :
اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
“Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106).

Doa Nabi Musa ‘Alaihis Salam Agar Dimudahkan Segala Urusan Dunia
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي
“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” QS Thaahaa : 25-28 (Arrazi Ibrahim)

Doa memohon Ditambahan Ilmu Pengetahuan Saat Belajar
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
“Rabbi zidnii ‘ilmaa.” “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” QS Thaahaa : 114

Ketika Anda Ujian Sudah Dimulai Bacalah Surat Al-Qodar Sebanyak tiga kali
DImana dalam kandungan Surat al-Qodar, di dalamnya ada ayat yang menceritakan : “….turun mailaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan…” (semoga Allah mengirim malaikat-malaikatnya untuk mengilhamkan kepada kita cara berpikir yang efektif, ketenangan, penjagaan selama ujian, serta pertolongan agar dipermudah oleh Allah.)

Rasulullah bersabda :”Barangsiapa yang membaca surat al-Qodar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam al-Qadar”. (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn).

Membaca Sholawat Jika Ragu Memilih Jawaban Yang Benar
Rasulullah bersabda :”Tak seorangpun mengucapkan salam untukku kecuali Allah akan mengembalikan ruhku kepadaku, agar menjawab salamnya itu”.


Perhatikan baik-baik hadist di atas. Ketika anda mengucapkan salam, shalawat, atau doa keselamatan bagi Rasulullah, maka Rasulullah akan menjawab salammu. Itu artinya, Rasulullah mendoakan keselamatan bagimu. Kalau Rasulullah berdoa pasti diterima dan dikabulkan Allah. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat kita amalkan dalam kehidupan kita masing-masing.

Silahkan baca artikel berikut jika anda ingin lulus dan menjadi seorang PNS. Untuk lokasi test untuk seluruh wilayah Indonesia silahkan cek dilink berikut. Sekali lagi bagi masyarakat ataupun calon PNS yang ingin mendaftar diminta memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id klik disini dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id klik disini. Sedangkan untuk cara pendaftaran silahkan klik disini. Untuk model soal test CPNS 2018 Klik Disini.

Artikel Terkait