Tanda-tanda Kematian Seseorang Ternyata Dapat Dirasakan

Sebagaimana kita ketahui bersama dimana ada kehidupan pasti ada kematian. Manusia mengalami roda kehidupan lahir, tua dan meninggal. Kematian seseorang merupakan rahasia Illahi. Namun setiap manusia akan mengalami hal tersebut. Kelahiran manusia akan membawa sukacita, sedangkan kematian akan membawa kesedihan.

Meski kematian adalah sesuatu yang di rahasiakan oleh Allah, namun sebelum kematian itu datang akan ada tanda-tanda yang mungkin dapat kita ketahui. Namun, biasanya seseorang tidak dapat menyadarinya. Berikut saya akan menyampaikan beberapa tanda-tanda seseorang menjelang kematiannya yang telah saya rangkum dari berbagai sumber semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dalam mengetahui tanda rahasia Allah ini:
  1. Udara napas yang dihembuskan terasa dingin di telapak tangan. Umumnya hembusan napas yang normal seseorang akan terasa panas/hangat ketika dihembuskan di telapak tangan. Namun, hembusan napas ini justru sebaliknya terasa dingin/sejuk.
  2. Dalam manik mata orang lain tidak bisa melihat bayangan kita sendiri. Umumnya bayangan siapa saja bisa dilihat, tapi orang yang menjelang ajal tidak akan bisa melihatnya.
  3. Pelemahan pada empat anggota tubuh, empat anggota tubuh terasa nyeri tak tertahankan.
  4. Warna tinja menjadi putih.
  5. Gigi menjadi esktrim kering dan hitam.
  6. Telinga menjadi lisut dan kusam.
  7. Hidung menjadi miring.
  8. Bisa melihat bintang pada siang hari, sedangkan orang lain tidak bisa melihatnya.
  9. Mata tidak terasa silau ketika menatap matahari. Tentu saja Matahari di siang hari, bukan matahari yang baru terbit dari ufuk timur, mata orang lain merasa silau. Namun, ia bisa menatap matahari siang itu dengan tenang dan tidak menyilaukan matanya.
  10. Air kencing menjadi asam. Tercium aroma asam dari urinnya yang tajam menusuk.
  11. Tidak bisa melihat bayangan sendiri. Tidak peduli apakah di bawah pancaran sinar matahari, atau di bawah sinar bulan, tapi ia tidak bisa melihat bayangannya sendiri, tidak ada lagi bayangannya.
  12. Garis-garis atau kerut di dahinya membengkak.
  13. Muncul bintul-bintul merah di daerah di bawah pusar.
  14. Pada titik Yongquan (terletak di 1/3 tengah kaki dari ujung atas) dan titik Yintang (terletak di  batang hidung, pertengahan jarak ujung alis mata), terasa nyeri/sakit seperti ditusuk jarum. Jika ada gejala seperti yang disebutkan pada nomor 13 dan 14, ini akan cukup fatal.
  15. Emosional yang kerap berubah-ubah tidak menentu. Fluktuasi (emosional) yang tidak biasa dan tanpa sebab yang jelas, tidak dapat mengendalikan diri.
Munculnya tanda-tanda ini, dimana salah satu diantaranya itu menyiratkan kemungkinan besar akan pergi selamanya, jika ada tanda-tanda seperti ini, maka usia hidup hanya akan berlangsung sekitar tiga hari di muka Bumi. Allah Subhanahu Wata'ala sebenarnya juga telah memberi tanda-tanda kematian seorang muslim sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari dan 1 hari menjelang kematiannya tersebut, berikut penjelasannya :

Tanda 100 hari menjelang ajal : Selepas waktu Ashar (Di waktu Ashar karena pergantian dari terang ke gelap), kita merasa dari ujung rambut sampai kaki menggigil, getaran yang sangat kuat, lain dari biasanya, Bagi yang menyadarinya akan terasa indah di hati, namun yang tidak menyadari, tidak ada pengaruh apa-apa..

Tanda 40 hari menjelang kematian : Selepas Ashar, jantung berdenyut - denyut. Daun yang bertuliskan nama kita di lauh mahfudz telah gugur. Malaikat maut akan mengambil daun kita dan mulai mengikuti perjalanan kita sepanjang hari dan mengawasi kita setiap saat. Sesekali juga malaikat maut menampakkan dirinya kepada orang yang akan dicabut nyawanya dalam wujud manusia, dan seketika itu pula orang itu akan terasa terkejud dan bingung melihat malaikat maut. Walaupun malaikat maut wujudnya hanya satu tapi atas izin Allah swt, Dia mampu mencabut nyawa seseorang dalam waktu yang bersamaan.

Tanda 7 hari menjelang ajal : Akan diuji dengan sakit, Orang sakit biasanya tidak selera makan. Tapi dengan sakit ini tiba-tiba menjadi berselera meminta makanan ini dan itu. Ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematian memang benar-benar sudah dekat.

Tanda 3 hari menjelang ajal : Terasa denyutan ditengah dahi, Jika tanda ini dirasa, maka berpuasalah kita, agar perut kita tidak banyak najis dan memudahkan urusan orang yang memandikan kita nanti. Setelah itu pula mata hitam kita tak bersinar lagi, dan bagi orang yg sakit, hidungnya perlahan akan masuk ke dalam, ini dapat terlihat jelas kalau dilihat dari sisi tubuh kita. Telinga akan layu dan berangsur-angsur masuk ke dalam. Tapak kaki tegak berangsur-angsur lurus ke depan dan sukar untuk ditegakkan lagi.

Tanda 1 hari sebelum kematian : Di waktu Ashar, kita merasa 1 denyutan di ubun-ubun, menandakan kita tidak sempet menemui Ashar besok harinya. Kita juga akan merasakan sejuk dibagian pusat, lalu turun ke pinggang dan akan terus naik ke bagian halkum atau tenggorokan. Pada masa ini hendaknya kita sering beristighfar memohon ampun pada Allah, dan sering-sering membaca syahadat. Menata hati, memfokuskan fikiran kita hanya kepada satu arah yaitu Allah SWT.

Sahabat Addy Sumoharjo Blog yang saya sangat sayangi subhanALLAH, Imam Al-Ghazali, mengetahui kematiannya. Beliau menyiapkan sendiri keperluannya, beliau sudah mandi dan wudhu, mengkafani dirinya, kecuali bagian wajah yang belum ditutup. Beliau memanggil saudaranya Imam Ahmad untuk menutup wajahnya. SubhanALLAH..

Malaikat maut akan menampakkan diri pada orang- orang yang terpilih. Dan semoga kita menjadi hamba yang terpilih dan siap menerima kematian kapanpun dan di manapun kita berada. Dan semoga akhir hidup kita semua Husnul Khatimah, Aamiin.

Dengan demikian semoga dengan penyampaian sedikit pengetahuan terkait Tanda-tanda Kematian Seseorang Ternyata Dapat Dirasakan ini dapat dipahami, sehingga kita punya kesiapan untuk menghadapinya. Wallahu a'lam.

Artikel Terkait

loading...