Bekerjalah Jangan Biarkan Waktumu Habis Untuk Yang Tidak Bermanfaat

Dizaman modern saat ini untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhanan hidupnya seorang manusia dituntut untuk BEKERJA. Bekerja ini adalah suatu proses kegiatan dimana melibatkan mental dan fisik untuk bisa mencapai tujuan baik imbalan berupa uang atau barang dalam memenuhi kebutuhan. Bekerja juga ini merupakan kewajiban yang harus diemban setiap manusia terutama bagi laki-laki/Pria sebagai kepala keluarga.


Untuk mendapatkan pekerjaan di bidang yang diinginkan tentunya semua orang akan berusaha mencapainya dengan cara apapun terutama melalui pendidikan SD hingga Perguruan Tinggi, kali ini saya mencoba untuk membuat artikel dengan tema Bekerjalah Jangan Biarkan Waktumu Habis Untuk Yang Tidak Bermanfaat, Tolong dipahami terutama untuk anak muda agar selalu menghargai keringat dan pengorbanan orang tua anda, kalkulasi ketika anda menyelesaikan pendidikan sebagai berikut :
SD     = 6 Th
SMP  = 3 Th
SMA  = 3 Th
KUL   = 4 Th +
Total    16 Th Kita Sekolah .
Berapa Biaya Nya ???
Siapa yang Membiayai ???
Mungkin KALAU Orang Tua Kita Tidak Menyekolahkan Kita, Uangnya Bisa untuk impiannya Yaitu NAIK HAJI, atau Istirahat dirumah untuk menikmati hari tua.

Setelah Selesai Sekolah memiliki IJAZAH Kemudian bekerja Demi IMPIAN, yaitu :
Beli MOBIL = 200.000.000
Beli RUMAH = 300.000.000
Buat NIKAH = 100.000.000+
Total              = 600.000.000

Gaji bersih perbulan                  = 3.000.000

Makan perbulan  = 1.000.000
Bensin  perbulan = 400.000
Pulsa perbulan    = 200.000
Kebutuhan bulanan = 100.000
Biaya tempat tinggal = 300.000+
Total                                          = ( 2.000.000)      -
Sisa gaji                                     1.000.000

1.000.000 untuk bisa nikah sampai ke angka 100.000.000 butuh 100 bulan = 8 Tahun
1.000.000 untuk sampai ke angka 600.000.000 butuh 600 bulan = 50 Tahun

Itu Artinya 50 th kedepan Anda Baru bisa Nikah, Memiliki Rumah, dan Mobil .
Dengan Syarat sbb :
•Apakah 50 th kedepan masih adakah yang nikah dengan kita ?
•Apakah 50 th kedepan kita masih hidup ?
•Apakah 50 th Kedepan Orang tua Kita Masih Ada ?
•Apakah 50 th Kedepan Harga mobil dan Rumah masih Sama ?
-•DAN yg paling menyedihkan adalah ya kalau gaji kita 3 Juta ???

Jika Jawaban Kita (TIDAK TAHU) maka bertindaklah dari sekarang .jangan biarkan waktumu habis untuk hal yang tak Bermanfaat.

Jangan Tanyakan Kesuksesan Orang lain Tetapi Tanyakan Kepada Dirimu..??
APA YG SUDAH KAMU PERSEMBAHKAN UNTUK ORANG-ORANG YANG KAMU SAYANGI ???

Rasulullah SAW mengatakan:"Sebaik-baiknya pekerjaan yang barokah adalah TIJAROH (berdagang) (HR Al-Bahaqi Shahi) Jangan mau jadi karyawan karena mental yang di wariskan Nabi adalah mental pedagang Bukan mental karyawan intinya umat Nabi Muhammad SAW Harus Jadi BOS Walau hanya memiliki usaha kecil-kecilan. So KITA HARUS JADI BOS BUKAN KARYAWAN.

Pertanyaan seputar pekerjaan terbaik bagi seorang Muslim sebetulnya sudah sempat ditanyakan oleh seorang sahabat kepada Nabi Muhammad SAW. “Wahai Rasulullah, mata pencaharian apakah yang paling baik?” Nabi kemudian bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi),” (HR.Ahmad 4:141, hasan ligoirihi).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya, “Pekerjaan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perniagaan yang baik.” (HR. Thabrani dalam Al Mu’jam Kabir; shahih)

Dari hadits-hadits tersebut, meskipun kadang Rasulullah ditanya dengan istilah “pekerjaan yang paling baik” dan kadang ditanya dengan istilah “pekerjaan yang paling utama”, ternyata jawaban beliau hampir sama. Yakni pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan perniagaan yang baik.

Pekerjaan dengan tangan sendiri maksudnya adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang tanpa meminta-minta. Pekerjaan itu bisa berupa profesi sebagai tukang batu, tukang kayu, pandai besi, maupun pekerjaan lainnya. Dalam hadits yang lain dicontohkan pekerjaan seseorang yang mencari kayu bakar. Profesi dokter, arsitek, dan sejenisnya di zaman sekarang juga termasuk dalam hadits ini. Contoh pekerjaan dengan tangan sendiri adalah bercocok tanam, kerajinan, mengolah kayu, pandai besi, dan menulis. Demikian disebutkan dalam Minhatul ‘Allam karya Syaikh ‘Abdullah bin Sholih Al Fauzan, 6: 9.

Sedangkan perniagaan yang baik maksudnya adalah perniagaan atau perdagangan yang bersih dari penipuan dan kecurangan (Jual beli mabrur). Baik kecurangan timbangan maupun kecurangan dengan menyembunyikan cacatnya barang yang dijual. Apa saja jual beli yang mabrur? Seperti yang telah dijelaskan di atas, jual beli mabrur harus memenuhi syarat dan rukun jual beli. Di antaranya, ridho antara penjual dan pembeli, barang yang dijual mubah pemanfaatannya (bukan barang haram), uang dan barang bisa diserahterimakan, tidak ada ghoror (ketidakjelasan).

Jadi, dalam Islam, pekerjaan apapun baik. Pekerjaan apapun bisa menjadi pekerjaan paling baik. Asalkan halal dan bukan meminta-minta. Baik menjadi profesional, pebisnis, pedagang, maupun pengusaha, semua punya peluang yang sama. Masya Allah semoga bermanfaat yha informasi ini buat semua teman-teman agar selalu berprinsip Bekerjalah Jangan Biarkan Waktumu Habis Untuk Yang Tidak Bermanfaat.

Artikel Terkait

loading...