Cara Cepat Menghafal Juz Amma

Juz amma atau juz ketiga puluh dalam Alqur’an adalah juz terahir yang banyak berisi surat pendek dan dihafalkan oleh umat muslim. Biasanya surat dalam juz amma banyak dihafalkan sebagai bacaan dalam shalat. Dalam Juz Amma terdiri dari 37 surah, mulai dari surah yang ke-78 [An Naba’] sampai surah yang ke-114 [An Nas] dan merupakan bagian dari juz yang terakhir di dalam al Qur’an al Karim.


Berikut ini adalah kumpulan surah yang terdapat pada Juz 30, mulai dari Nomor Surah dan Nama Surah serta Jumlah Ayat
3 [80] ‘Abasa/ عبس 42
12 [89] Al Fajr/الفجر 30
13 [90] Al Balad/ البلد 20
14 [91] Asy Syams/ الشمس 15
15 [92] Al Lail/ الليل 21
16 [93] Ad Dhuha/ الضحى 11
18 [95] At Tin/ التين 8
20 [97] Al Qadr/ القدر 5
26 [103] Al ‘Ashr/العصر 3
28 [105] Al Fiil/ الفيل 5
29 [106] Quraisy/ قريش 4
33 [110] An Nashr/ النصر 3
34 [111] Al Lahab/ اللهب 5
36 [113] Al Falaq/ الفلق 5
37 [114] An Nas/ الناس 6


Jika Anda ingin belajar menghafal semua surat dalam juz amma di atas, ada cara tersendiri dan keutamaan dalam menghafalnya. Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut di bawah ini : 

A. Keutamaan Menghafal Juz Amma
Juz Amma atau juz terakhir dalam Alqur’an sebagai mana menghafal Alqur’an memiliki beberapa keutamaan. Diantara keutamaan-keutamaan menghafal juz amma atau menghafal Alqur’an diantaranya.

Merupakan perbuatan mulia
Rasul SAW menyebutkan bahwa mengajarkan Alqur’an dan mengamalkannya adalah perbuatan yang mulia. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut "Dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu, dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari no.5027)

Bentuk Iman dan Taqwa
Menghafal Alqur’an hukumnya sunnah bagi umat islam dan menghafalkannya memiliki manfaat yang besar. Menghafal Alqur’an juga merupakan bentuk rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini “hendaknya yang mengimami sebuah kaum adalah yang paling aqra’ terhadap kitabullah”

Diberikan syafaat saat hari kiamat
Orang yang menghafalkan Alqur’an memiliki derajat yang tinggi disisi Allah SWT dan diberikan syafaat saat hari kiamat datang. “bacalah Al Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafa’at bagi shahibul Qur’an” (HR. Muslim 804)

Memiliki derajat yang tinggi disurga
Selain mendapatkan syafaat, orang yang menghafalkan Alqur’an memiliki jaminan masuk surga dan semakin banyak hafalan seseorang maka semakin tinggi derajatnya disurga nanti. “akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

B. Cara Menghafalkan Juz Amma Dengan Cepat
Menghafal alqur’an memang bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan usaha. Untuk mempermudah menghafal Alqur’an maka ada beberapa cara yang bisa diketahui. Diantara cara cepat menghafal juz amma adalah sebagai berikut :

Meluruskan niat
Sebelum menghafal Alqur’an terutama juz amma maka seseorang harus meluruskan niat terlebih dahulu. Bulatkan niat untuk menghafal Alqur’an dan pastikan niat tersebut tetap terjaga dalam hati . (baca juga niat mandi wajib dan niat mandi wiladah). Niat yang baik sebelum menghafal bisa didasari oleh keutamaan dan manfaat yang didapat jika kita menghafalkan Alqur’an. (baca manfaat baca Alqur’an setiap hari)

Atur Jadwal Menghafal
Agar lebih konsisten dalam menghafal maka sebaiknay sediakan waktu khusus untuk menghafal setiap hari misalnya setelah shalat subuh dan sore hari setelah shalat ashar ataupun malam hari seblum tidur. Waktu-waktu tersebut dirasa lebih efektif untuk menghafal karnea pikiran lebih mudah menangkap hafalan.

Menghafal surat pendek terlebih dahulu
Dalam juz amma ada beberapa surat yang bisa dihafalkan. Mulai dari surat dengan ayat yang cukup panjang seperti An naba hingga surat dengan ayat pendek dan hanya sedikit seperti Al Kautsar. Jika kesulitan memulai hafalan dari awal maka kita bisa memulainya dari surat terakhir dalam juz amma.

Gunakan teknik yang benar
Teknik yang baik untuk menghafalkan Alqur’an adalah dengan menghafalnya dalam hati terlebih dahulu. Hafalkan surat dengan melihat susunan huruf dalam ayat dan biasanya hal ini akan sangat membantu dalam menghafal. Jika sudah bisa menghafalnya dalam hati maka kita bisa melafalkannya dengan lebih keras dan ulangi selama beberapa kali hingga benar-benar hafal.

Konsisten dalam menghafal
Dalam menghafalkan juz amma maka diperlukan konsistensi dan kesungguhan. Setiap hari targetkan berapa ayat yang akan dihafal misalnya lima ayat dalam sehari atau satu surat pendek dalam sehari agar surat dalam juz amma bisa dihafalkan secara kontinyu.

Menggunakan Aplikasi dan alat bantu
Di zaman yang semakin modern, seseorang bisa menghafal Alqur’an terutama juz amma dengan bantuan alat-alat atau teknologi seperti CD yang mmeuat mp3 alqur’an, aplikasi penghafal dalam smartphone dan alat lainnya yang memiliki bacaan Alqur’an di dalamnya. Dengan mendengarkan bacaan dalam alat tersebut maka proses menghafal akan lebih mudah dan bisa dilakukakan sambil melaksanakan aktifitas lainnya.

Menuliskan ayat juz amma
Selain dengan metode mendengarkan mp3 atau bacaan Alqur’an cara lain untuk menghafal juz amma adalah dengan menuliskannya pada kertas atau catatan yang bisa diletakkan dibuku atau papan yang bisa dilihat dengan mudah. Dengan mengingat tulisan dan letak hiruf dan susunannya dalam suatu surat, seseorang akan lebih mudah dalam menghafalkan Alqur’an. (baca juga fadhilah surat yasin)
Sponsors Link

Bacalah dalam shalat
Agar bacaan atau surat dalam juz amma yang dihafal tidak menguap begitu saja atau hilang setelah dihafalkan , ada baiknya membaca ayat tersebut dalam shalat baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Membaca surat atau ayat yang baru dihafalkan dalam shalat akan membuat hafalan semakin kuat dan ayat yang dibaca dalam shalat tidak itu-itu saja. Bukankah akan lebih baik jika bacaan Alqur’an dibaca dengan berbeda setiap harinya?

Catat progressnya
Hafalkan juz amma secara konsisten dan catatlah kemajuan atau progress yang didapat misalnya satu surat pendek dalam sehari sehingga dalam sebulan kita bisa menghafalkan 30 surat. Dengan mencatat kemajuan tersebut maka kita bisa mengetahui surat mana saja yang telah kita hafalkan dan seberapa baik kita menghafalnya.

Jangan terlalu memaksa
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah dalam menghafal juz amma sebaiknyakita tidak terllau memaksa diri misalnya dengan menghafalkan banyak ayat dalam sehari. Terllau ngoyo dalam menghafal justru akan membuat kita semakin sulit mengingatnya. Menghafal sedikit ayat secara kontinyu dan konsisten akan lebih baik dibandingkan dengan menghafal ayat sekaligus namun tidak konsisten.

Demikian cara-cara menghafalkan juz amma yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. dan semoga daftar isi dari surah-surah yang terdapat pada Juz Amma diatas dapat memberikan manfaat, dapat menjadikan referensi dalam membaca ataupun menghafal surah pendek khususnya bagi anak-anak kita, dan menjadikan pahala kebaikan dari Allah swt., amin.

Artikel Terkait

loading...