Inilah Amalan Doa Ibu Hamil Selama Mengandung Sesuai Tuntunan Islam

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Inilah Amalan Doa Ibu Hamil Selama Mengandung Sesuai Tuntunan Islam, dimana Doa, dzikir dan wirid dibawah ini hendaknya dibaca sebagai amalan sehari hari agar ibu mengandung tersebut bisa sehat dan selamat hingga melahirkan. 

Bagi ibu hamil yang sedang mengandung sang bayi, tentulah berbagai macam cara dilakukan agar semua proses kehamilan berjalan lancar mulai dari masa mengandung selama sembilan bulan hingga proses bersalin/melahirkan. menjaga kesehatan dengan mengkonsmsi makanan sehat yang penuh gizi serta melakukan berbagai aktifitas yang menunjang agar proses kehamilan berjalan baikpun akan dilakukan oleh sang ibu. Namun berbagai cara apapun tidak akan sempurna dan berkah tanpa memohon pertolongan ALLAH SWT.

Selain mengerjakan ibadah wajib serta memperkuat iman dengan mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya yang memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat islam. kita pun seyogyanya memperbanyak amalan-amalan sunnah seperti berdzikir, bersholawat, membaca Al-Quran, hingga memperbanyak sholat sunnah. Banyak yang bertanya-tanya apakah ada amalan ibu hamil atau doa yang bagus dan baik bagi ibu yang sedang mengandung. jawabannya tentu saja ada. Dimana anda bisa memperbanyak membaca Al-Quran saat sang janin bayi masih dalam rahim/kandungan karena hal ini baik bagi sang ibu maupun bagi janin bayi kita. 

Sedangkan untuk amalan amalan bagi ibu saat hamil kita bisa meniru dan mencontoh amalan-amalan para ulama dan salaf terdahulu yang Insyaallah memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi wanita yang sedang menjalani proses kehamilan mulai dari bulan pertama/hamil muda hingga bulan terakhir/hamil tua serta sampai menjelang kelahiran.

Karena besar harapan bagi ibu hamil dengan membaca amalan-amalan baik berupa doa dan wirid maka kelak anaknya lahir dengan selamat, sempurna sehat jasmani dan rohani dan menjadi anak yang sholeh sholehah Insyaallah. Adapun apa saja amalan ibu hamil yang dimaksud, berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber buku rujukan dengan tema Amalan Doa Ibu Hamil Selama Mengandung Sesuai Tuntunan Islam semoga dapat bermanfaat dan memudahkan anda untuk mengamalkannya dalam keseharian anda dalam menjalani proses kehamilan.

Berikut di bawah ini doa-doa dan hal lain yang berkaitan dengan kehamilan sesuai dengan tuntunan  ajaran syariat islam, adalah sebagai berikut :

Disunnahkan bagi ibu hamil pada masa kehamilan bulan ke 1, 2 dan 3 untuk memperbanyak membaca Surat Muhammad dan Surat Luqman. Faidahnya, insyaallah anak yang dilahirkan akan baik akhlaknya.

Pada bulan ke 4, 5 dan 6 memperbanyak membaca Surat Yusuf. Faidahnya, insyaallah anak yang dilahirkan akan baik rupa dan parasnya.

Pada bulan ke 7, 8, dan 9 memperbanyak membaca Surat Ar Rohman dan Surat Maryam.Dianjurkan selama masa kehamilan, dari bulan ke 1 sampai bulan ke 9 untuk membaca ayat 35 Surat Ali ‘Imran setiap sehabis melaksanakan sholat fardhu.

إِذْ قَالَتِ امْرَاءَةُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّى نَذَرْتُ لَكَ مَا فِى بَطْنِى مُحَرَّراً فَتَقـَبَّلْ مِنِّى إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ

Wirid Siti Aminah saat beliau sedang mengandung Nabi Muhammad SAW.

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تاَرَةً أُخْرَى

Apabila ibu hamil menginginkan anaknya menjadi anak yang soleh solehah serta ‘alim (faham soal agama), hendaknya memperbanyak membaca wirid ini setiap saat. Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk membaca wirid di bawah ini sebanyak 3 kali sehabis melaksanakan sholat Subuh, Magrib dan Isya.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّهاَ مِنْ إِبْلِيْسَ وَ جُنُوْدِهِ أُعِيْذُهُ بِالْوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ كُلِّ شَرٍّ وَ اْلحَسَدِ أَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ وَ مِنْكَ الْفَرْجُ وَ إِلَيْكَ اْلمُشْتَكَى وَ بِكَ اْلمُسْتَعاَنُ وَ لاَ حَوْلاَ وَ لاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Doa Keselamatan Untuk Ibu Hamil
Bagi ibu hamil, ketika mempunyai keinginan dan permintaan pada Allah SWT, hendaknya memperbanyak membaca doa di bawah ini. Insyallah akan dikabulkan semua permintaan yang tertera dalam doa ini, seperti ibu dan anak akan dilindungi, bayi diberi kesehatan, wujudnya tampan, proses melahirkan mudah, panjang umur, sehat dzohir batin, memiliki iman yang sempurna dan manfaat dunia akhirat.

Doa Suami Saat Istri Sedang Hamil
Suami juga hendaknya senantiasa berdoa kepada Allah SWT ketika istrinya sedang hamil. Doa di bawah ini bisa dibaca oleh suami setiap selesai sholat fardhu.

أَللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَ اشْفِهِ أَنْتَ شَافٍ لَا شِفَاءً إِلَّا شِفاَؤُكَ شِفَاءً عَاجِلًا لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

أَللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِى بَطْنِ زَوْجَتِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً جَمِيْلَةً وَ ثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَ بِرَسُوْلِكَ

أَللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِهَا سَهْلًا وَ تَسْلِيْمًا وَ لَا مُعْسِرًا وَ اْنفَعْنِيْ بِهِ فىِ الدُّنْيَا وَ اْلآخِرَةِ آمِيْنَ وَ تَقَبَّلْ دُعَائِيْ كَمَا تَقَبَّلْتَ دُعَاءَ نَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ

أَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كاَمِلًا وَ عَاقِلًا لَطِيْفًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا

أَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَ صَحِّحْ جَسَدَهُ وَ حَسِّنْ خُلُقَهُ وَ افْصَحْ لِسَانَهُ وَ أَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ اْلحَدِيْثِ وَ اْلقُرْآنِ اْلكَرِيْمِ بِـبَرْكَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ اْلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Doa Supaya Mendapat Anak Laki-laki
Apabila suami ingin dianugerahi anak laki-laki, hendaknya suami meletakkan tangannya di atas perut istrinya mulai awal kehamilan dengan membaca doa di bawah ini sebanyak 3 kali.
اَللََّهُمَّ ِانـِّيْ اُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِيْ / بَطْنِ زَوْجَتِيْ هَذِهِ مُحَمَّداً فَاجْعَلْهُ لِيْ ذَكَرًا صَالِحًا بِحَقِّ صَاحِبِ هَذاَ اْلإِسْمِ الشَّرِيْفِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku menamai anak yang masih ada dalam kandunganku/ kandungan istriku dengan nama Muhammad. Maka, jadikanlah berupa anak lelaki dengan mendapat kebenaran (Nabi) yang mempunyai nama mulia ini, yaitu junjungan kita Muhammad saw.”

Doa Supaya Mendapat Anak Perempuan
اَللََّهُمَّ ِانـِّيْ اُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِيْ / بَطْنِ زَوْجَتِيْ هَذِهِ فَاجْعَلْهَا لِيْ مَرْأةً صَالِحَةً

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku akan memberikan nama anak yang masih ada dalam kandunganku/ kandungan istriku dengan nama … maka jadikanlah ia (berupa) anak perempuan yang shalihah.”

Doa Ibu Hamil 4 Bulan
Saat janin berusia 120 hari atau 4 bulan dalam kandungan, dimulailah kehidupan. Pada masa itu si jani diberi ruh, ditentukan rizkinya, ditentukan ajalnya, langkah-langkah perilakunya sebagai orang yang celaka atau orang yang selamat.

Pada saat menyongsong masa penetuan itu, alangkah baiknya jika janin yang ada dalam kandungan disyukuri dengan mengadakan walimah.
اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا. اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اَللهُمَّ طًوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَافْصَحْ لِسَانَهُ وَاَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Pada saat syukuran hamil 4 bulanan, biasanya juga dibacakan ayat-ayat pilihan seperti :
QS Al Mu’minun ayat 12-14
QS Yusuf ayat 1-16
QS Lukman ayat 14
QS Ar Rahman ayat 1-78
QS Maryam ayat 1-15

Perbanyaklah Hadir Di Majlis Untuk Menambah Ilmu
Dengan kita rajin menghadiri majlis akan merangsang dan membiasakan anak kita untuk bersilaturahmi, berkumpul dengan orang-orang sholeh serta menuntut ilmu. Hal ini dijelaskan sebagai berikut :

“Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju Surga.” (HR. Muslim no.2699)

Jangan Bermalas-Malasan Agar Proses Kelahiran Menjadi Lebih Lancar
Dengan kita melakukan aktivitas dan rutinitas sehari-hari dengan catatan masih dalam kategori aman, maka nantinya akan membantu memperlancar proses persalinan. Bermalas-malasan juga perbuatan yang tidak disukai oleh Allah. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat At Taubah ayat 54, penjelasannya sebagai berikut :

“Dan mereka tidak mengerjakan shalat, melainkan dengan malas.” (QS. At Taubah : 54).

Buatlah Diri Kita Seenjoy Mungkin Agar Tidak Mudah Stres Ataupun Tertekan
Jika kita berpikir terlalu berat mengenai pekerjaan ataupun hal lain akan mempengaruhi perkembangan janin pada kandungan sehingga membuat bayi ikut stress. Sebaiknya disarankan anda melakukan aktivitas yang sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

Memperbanyak Membaca Quran atau Buku
Dengan membaca buku maka kita akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan yang baru dan membiasakan anak kita sejak dalam kandungan untuk memperbanyak ilmu. Banyaklah membaca buku khususnya mengenai kisah para nabi ataupun para sahabat nabi.

Membiasakan Untuk Mengajak Komunikasi Bayi Sejak Masih Di Dalam Rahim
Fungsi berkomunikasi sangatlah penting. Dengan membiasakan komunikasi bayi sejak masih di dalam kandungan berarti kita mengajarkan hubungan baik antara anak dengan orang tua sehingga setelah anak kita lahir nanti ia sudah tidak asing dengan suara kedua orang tuanya.

Nah beberapa penjelasan mengenai Inilah Amalan Doa Ibu Hamil Selama Mengandung Sesuai Tuntunan Islam yang sudah saya ulas di atas mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi untuk menambah pengetahuan dan wawasan baru sehingga pada saat mengalami proses kehamilan, anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sampai disini artikel saya kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua dan sebagai penambah ilmu pengetahuan kita bersama terima kasih.

Artikel Terkait