Manfaat Surat Al-Ikhlas Buat Rejeki Dan Jodoh Anda

Surat Al Ikhlas adalah surat yang berada di urutan ke-112 dalam himpunan suratan di Al Quran. Tergolong surat makkiyah, artinya diturunkan di Mekah. Bacaan surat ini termasuk pendek karena hanya terdiri dari 4 ayat. Untuk itu setiap orang mudah sekali dalam menghafalkan dan memahami tiap arti dari katanya. 

Surat Al Iklas Manfaat  Dan Khasiatnya
Manfaat surat al ikhlas untuk rejeki, jodoh, maupun untuk kehidupan dunia dan akhirat tidak terlepas dari makna tersurat maupun tersirat surat itu sendiri. Disebutkan dalam ayat ke-2 bahwa “Allah adalah Tuhan yang bergantung pada-Nya segala sesuatu”. Artinya segala urusan di alam semesta ini, termasuk persoalan rejeki, jodoh, kehidupan dunia dan akhirat tentu bergantung pada-Nya. Dalam arti berada dalam pengawasan dan kehendak-Nya. 

Keutamaan Surat Al Ikhlas : 
Surat Al Ikhlas memiliki keutamaan yaitu surat ini hendak menyeru kepada manusia agar percaya dan meyakini bahwa Allah itu Esa, Allah itu Satu, Allah itu Tunggal. Tiada yang menyamai kekuatan dan kekuasaan-Nya. Kemudian, Allah juga tidak beranak dan diperanakkan. Hanya kepada Allah segala sesuatu bergantung. Tidak ada satu pun makhluk dan ciptaan yang setara dengan-Nya. 

Dapat dikatakan bahwa mukadimah atau pokok utama dari surat al ikhlas merupakan ayat-ayat yang menegaskan tentang tauhid. Mengenai keesaan Allah. Untuk itu sebagai umat Islam wajib menghafalkan dan melantunkannya tiap hari. Dengan dipahami baik-baik tiap arti dari ayatnya. Semata-mata untuk meningkatkan kadar iman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Manfaat Surat Al Ikhlas Untuk Rejeki : 
1. Memudahkan Keuangan 
Manfaat surat al ikhlas bisa memudahkan dalam keuangan. Sebab surat ini membuka pintu rejeki. Ketika hendak memulai segala sesuatu yang berhubungan dengan uang, alangkah baiknya berdoa dulu dengan melantunkan surat al ikhlas dan al fatihah. Niscaya urusan finansial terlewati dengan baik. 

2. Membuat Pekerjaan Jadi Mapan 
Pekerjaan yang mapan bisa diperoleh dengan cara selalu berusaha keras yang diiringi dengan konsistensi, niat, yakin, kesabaran dan keridhoan hati dalam melakukannya. Jangan lupa buat melantunkan suarat al ikhlas tiap memulai segala aktivitas pekerjaan. Supaya diri menjadi lebih dewasa dan bijaksana secara karakter. Inilah yang akan membuat pekerjaan jadi mapan. 

3. Membantu Meraih Cita-Cita 
Membaca surat al ikhlas akan membantu seseorang fokus dalam menggapai cita-citanya. Hanya dengan fokus yang tinggilah, cita-cita akan bisa tergapai. Ikhlas yang tinggi membawa kepada keridhoan hati yang besar. Dan pada saat inilah segala halang-rintang dalam menggapai cita-cita terasa lebih mudah dilewati. 

4. Membuka Pintu Rejeki dari Segala Arah 
Surat al ikhlas membuka pintu rejeki dari segala arah. Maksudnya, rejeki tidak datang dari satu pintu saja, misalnya lewat penghasilan kerja. Namun bisa datang dari mana saja, arah yang tak terduga. Inilah nikmat yang diberikan Allah di kala pintu rejeki dari segala arah sedang terbuka. Niscaya nikmat ini pun menambah kadar keimanan dalam diri. 

5. Membantu Memecahkan Masalah yang Sedang Dialami 
Kemudian, membaca surat al ikhlas pun bisa membantu memecahkan masalah. Apa saja masalah yang sedang dialami oleh diri bisa terpecahkan berkat surat ini. Selain itu, masalah-masalah pelik yang selama ini hanya bisa mengendap tanpa pernah menemui solusi juga bakalan terselesaikan. Sungguh Allah membuka menyelesaikan semua masalah, baik besar maupun kecil. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Rejeki lainnya : 
6. Meningkatkan kemampuan dalam bekerja. 
7. Melatih perasaan syukur atas nikmat. 
8. Mengajarkan kedisiplinan. 
9. Mendorong untuk pasrah dan tawakkal. 
10. Menjadi wujud ikhtiar yang nyata. 
11. Memancarkan karisma kebaikan. 
12. Membuka peluang akan rejeki yang lebih baik. 
13. Memberikan posisi pekerjaan yang mapan. 
14. Mendorong untuk meraih cita-cita dengan semangat. 
15. Memperlancar aktivitas usaha dan bisnis. 
16. Memberikan ide usaha dan bisnis. 
17. Membuat rejeki jadi berkah. 
18. Melatih syukur dan sabar. 
19. Membuat jadi pribadi yang bertanggungjawab. 
20. Menjaga keimanan agar selalu percaya rejeki di Tangan Tuhan. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Jodoh : 
1. Memberikan Tanda-Tanda Hadirnya Jodoh 
Khasiat membaca surat al ikhlas bisa memberikan tanda kehadiran jodoh. Percayalah bahwa jodoh itu datangnya bukan tiba-tiba saja, melainkan ada banyak tanda-tanda yang mestinya diamati dan dipahami oleh mereka para pencari jodoh. Dengan rutin melafalkan surat ini, niscaya tanda-tanda itu menjadi makin mudah dipahami. 

2. Membekali Diri untuk Jadi Imam yang Baik 
Perjodohan bukan sekadar menyatukan dua insan. Namun jodoh yang telah bertemu juga merupakan tanda dari menyatunya spiritualitas. Apalagi untuk pihak laki-lakinya, saat menjumpai jodohnya, maka ia diwajibkan membekali dirinya sebagai imam yang baik. Ia harus mampu menuntun istrinya kepada jalan yang benar. Lurus pada agama Allah yang diridhoi, yaitu Islam. Dengan begitu, kehidupan rumah tangga pun akan selamat di dunia dan akhirat. 

3. Memantaskan Diri Menjemput Jodoh 
Jodoh datang ketika diri sudah pantas buat menerimanya. Ketika hendak meminta jodoh pada Allah maka wajib untuk memantaskan diri menjemputnya. Tiap hari rutinlah melafalkan surat al ikhlas, sebab surat ini membantu diri dalam pemantasan itu. Jadi ketika berjumpa dengan sosok jodohnya, maka bakalan bisa bersatu segera. 

4. Mendatangkan Jodoh Terbaik 
Surat al ikhlas mendatangkan jodoh yang terbaik. Semua jodoh pastilah baik, namun yang terbaik inilah yang sulit dan jarang ditemui. Nah, percayakan kepada Allah mengenai jodoh terbaik ini, niscaya ia akan datang. Tanpa perlu diri berbuat maksiat dulu atau diri berjuang melampaui batas dulu, niscaya jodoh benar-benar akan datang. 

5. Membuat Diri Siap Secara Spiritual dan Material untuk Menikah 
Manfaat surat al ikhlas juga membuat diri menjadi siap secara material maupun spiritual untuk menghadapi bahtera rumah tangga pernikahan. Menikah tidak sekadar seremoni untuk melegalkan nafsu, tapi juga merupakan wujud ibadah. Ketika sisi material dan spiritual sudah siap, niscaya pernikahan menjadi mudah buat dilakoni. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Jodoh lainnya : 
6. Membantu wujudkan cita-cita pernikahan. 
7. Memberikan kedamaian jiwa. 
8. Menumbuhkan rasa sabar menanti jodoh. 
9. Menghilangkan ketakutan akan tiadanya jodoh. 
10. Mengendalikan nafsu birahi. 
11. Mencegah syahwat berlebih. 
12. Membuat keluarga jadi samawa. 
13. Mencegah perceraian. 
14. Melancarkan prosesi sebelum nikah. 
15. Menenangkan pikiran. 
16. Mencegah datangnya jodoh yang buruk. 
17. Membuat diri lebih menarik di mata pasangan. 
18. Melindungi pernikahan. 
19. Mencegah hadirnya orang ketiga. 
20. Merekatkan rumah tangga. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Kehidupan Dunia : 
1. Mendorong Bersikap Disiplin 
Khasiat membaca surat al ikhlas sangat baik dalam mendorong diri bersikap disiplin. Maksudnya, diri yang bertanggungjawab dan menghargai waktu di tiap detiknya. Berbagai langkahnya di dunia diperhitungkan secara matang mengenai dampaknya. Sikap disiplin ini sungguh bisa memudahkan langkah di dunia. 

2. Membuat Seseorang Jadi Percaya Diri 
Kepercayaan diri begitu penting dimiliki di dunia. Kehidupan dunia yang keras seringkali meruntuhkan kepercayaan diri itu, untuk itu seseorang perlu menguatkan kepercayaan dirinya. Salah satu jalannya adalah dengan rutin melantunkan surat al ikhlas. 

3. Meningkatkan Sikap Waspada 
Orang yang waspada adalah orang yang selamat di dunia. Kewaspadaan membuat tiap langkah diperhitungkan secara hati-hati. Dampak tiap tindakan selalu direnungkan baik-baik, menjadi pelajaran untuk pengambilan tindakan dan keputusan selanjutnya. Sikap begini amat penting dimiliki untuk menyelesaikan berbagai masalah di dunia. 

4. Memecahkan Masalah Sulit 
Masalah yang sulit dicari solusinya artinya hanya Allah saja yang bisa menyelesaikannya. Masalah itu datangnya atas ijin Allah, maka solusi pun datangnya berkat rahmat Allah. Untuk itu, sering-seringlah melafalkan surat al ikhlas saat diri sedang dirundung masalah yang pelik. Agar pertolongan Allah segera datang. 

5. Mencegah Takabur 
Sikap takabur menjauhkan diri dari kenyamanan dunia. Sebab diri dipenuhi perasaan sombong seolah-olah tiada yang lebih tinggi dan besar dari dirinya. Takabur juga lambat-laun akan menjebloskan manusia pada jalan yang sesat, yang di sana tidak ada nikmat sama sekali. Untuk itu, buat mencegah takabur perlu adanya suplai energi nurani melalui surat al ikhlas. Bacalah rutin tiap saat, ketika ingat. Jadikanlah dzikir sehari-hari. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Dunia Lainnya : 
6. Meningkatkan rasa tawakkal. 
7. Membuat diri jadi bertanggungjawab. 
8. Melatih sabar dan ikhlas. 
9. Membangkitkan sikap bijaksana. 
10. Membuat jiwa raga sehat. 
11. Membuat rejeki selalu melimpah. 
12. Membuat diri lebih pandai bersyukur. 
13. Memberikan ketenangan mental. 
14. Mencegah sombong. 
15. Melapangkan dada. 
16. Melatih mental tangguh. 
17. Mencegah dan mengatasi gangguan psikis. 
18. Memotivasi diri. 
19. Menjernihkan pikiran. 
20. Memudahkan segala keinginan dan urusan dunia. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Kehidupan Akhirat : 
1. Menambah Pahala 
Membaca surat al ikhlas tentunya akan menambah pahala. Kelak di akhirat bisa membuat manusia dipermudah saat sesi penimbangan amal. Pahala inilah yang akan mengantarkan manusia pada surga. Tempat di mana tiada kesedihan yang dirasakan dan tidak pula merasa susah, lapar dan haus. Diri mencapai kebahagiaan yang hakiki. 

2. Menghapus Dosa 
Manfaat surat al ikhlas akan menghapus dosa. Artinya dosa-dosa yang telah lalu perlahan-lahan terampuni oleh Allah. Sebab pada dasarnya surat ini mengisyaratkan tentang pentingnya bersikap tawakkal pada Allah. Menyerahkan segala urusan dan hasil pada-Nya. Manusia hanya bisa berbuat baik dan terus-menerus berjuang, sedangkan hasilnya biar Allah yang tentukan. 

3. Menambah Iman 
Khasiat surat al ikhlas akan menambah keimanan. Iman yang melimpah di dalam diri bisa membawa pada ketakwaan. Selain itu, kadar keimanan yang bertambah seiring berjalannya waktu pun membuat diri dijauhkan dari kobaran api neraka yang menyala-nyala. Akhirnya, kelak di akhirat pun bisa selamat dan hidup bahagia secara kekal. 

4. Meningkatkan Ketakwaan 
-Manfaat surat al ikhlas bisa meningkatkan ketakwaan. 
-Takwa adalah wujud sempurna dari keimanan. 
-Sebab takwa adalah ibadah yang dilakukan secara terus-menerus tanpa henti, tanpa paksaan dan tanpa mengharapkan pahala. 
-Yang diharapkan adalah keridhoan Allah. 
-Saat Allah ridho, niscaya hati jadi sangat mudah melangkah. 

5. Membuat Ruh Bersih 
-Khasiat surat al ikhlas bisa membuat ruh jadi bersih. 
-Sungguh ruh akan terasa ringan dalam beribadah pada-Nya. 
-Kelak saat mengalami kematian pun mudah dan tidak sakit di hari pembangkitan. 
-Ruh yang bersih dan ringan sangat menguntungkan manusia dalam perjalanan panjang dan kekal di akhirat kelak. 

Manfaat Surat Al Ikhlas untuk Akhirat Lainnya : 
6. Mencegah dari neraka jahanam. 
7. Menjauhkan dari fitnah dan godaan setan. 
8. Membuat nur diri memancar 
9. Memancarkan wajah jadi benderang 
10. Menenangkan jiwa raga. 
11. Mencegah siksa kubur. 
12. Memberikan pertolongan di hari akhir. 
13. Menyehatkan badan. 
14. Mencegah rusaknya nurani. 
15. Mengatasi penyakit psikis dan mental. 
16. Menumbuhkan rasa tawakkal dan pasrah. 
17. Mencegah dari keburukan. 
18. Menunjukkan jalan yang benar. 
19. Menuntun ke hari pembalasan yang baik. 
20. Menghindarkan siksaan akhirat. 

Memang demikianlah manfaat dan khasiat surat al ikhlas yang begitu banyak. Baik untuk urusan rejeki, jodoh, dunia dan akhirat, surat ini mengajarkan manusia akan pentingnya bersikap pasrah, tawakkal dan ikhlas dalam tiap usahanya. Niscaya Allah akan memberikan petunjuk dan kemudahan, bilamana hati bisa ikhlas dan tulus melaksanakan tiap perbuatan dunia dan akhirat tanpa bergantung pada selain Allah. 

Demikianlah yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini walau masih banyak kekurangan dan mungkin ada kesalahan mohon maaf yang sebesar besarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita semua semakin bersyukur atas karunia dan limpahan nikmat dari Allah SWT. Aamiin. 

Artikel Terkait

0 Response to "Manfaat Surat Al-Ikhlas Buat Rejeki Dan Jodoh Anda"

Post a Comment